sunbanner

Sumut Tergoda Usai Kabupaten Ini Beri Iming-iming Wilayah Termaju Jika Jadi Kabupaten! Intip Rencana Kecamatan Teluk Aru Pemekaran Sumatera Utara

Sumut Tergoda Usai Kabupaten Ini Beri Iming-iming Wilayah Termaju Jika Jadi Kabupaten! Intip Rencana Kecamatan Teluk Aru Pemekaran Sumatera Utara

daerah-squid-hard/unplash-

Pemekaran Sumatera Utara 

Belakangan ini, wacana mengenai pemekaran wilayah di Provinsi Sumatera Utara, terutama di Kabupaten Langkat, semakin menarik perhatian masyarakat, yaitu pembentukan Kabupaten Teluk Aru.

Dengan kabar ini tersebar, banyak pertanyaan muncul di kalangan masyarakat, termasuk mengenai alasan di balik usulan ini dan kendala-kendala yang menghambat terwujudnya kabupaten baru ini.



Pemerintah daerah seringkali mengajukan usulan pemekaran wilayah sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempercepat pembangunan daerah.

Salah satu usulan pemekaran yang mencuat adalah pembentukan Kabupaten Teluk Aru dari wilayah Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Meskipun sudah termasuk dalam daftar 65 daerah otonomi baru (DOB) di Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri beberapa tahun lalu, rencana ini hingga kini belum terealisasi.





×

Baca juga: Mengungkap Misteri Gunung, Serem! Menjelajah Keindahan dan Keangkeran 3 Destinasi Mendaki Paling Seram di Jawa Timur, Kelud Salah Satunya?

Baca juga: Wonogiri Makin Sedih Usai 7 Desa ini Putuskan Keluar Akibat Tak Terima Dinamai dengan Nama Aneh Bin Ajaib: Nomor 2 Mirip Judul Film Horor

Meskipun usulan ini masuk akal, ada beberapa kendala yang menghambat realisasi rencana pemekaran ini. Salah satu kendala utama adalah moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat.

Meskipun usulan ini terdaftar sebagai DOB, moratorium membuat proses pemekaran terhenti. Selain itu, kendala terkait alokasi anggaran dan sumber daya manusia juga menjadi hambatan dalam proses ini.

Baca juga: Gencar Banget! Kabar Pemekaran Sumut Bikin Medan Kehilangan Posisi, Siapa yang Ngejar?

Baca juga: Menjelajahi Keindahan Alam Banyuwangi, Ini Lima Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi, Berapa Harga Tiketnya?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr