sunbanner

Belum Banyak Diketahui! Negara Sumatera Timur Sempat Berdiri Tahun 1947? Begini Isu Pemekaran Wilayah Provinsi Baru

Belum Banyak Diketahui! Negara Sumatera Timur Sempat Berdiri Tahun 1947? Begini Isu Pemekaran Wilayah Provinsi Baru

daerah-he-zhu/unplash-

Dikelilingi oleh Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai memiliki luas wilayah sekitar 60 kilometer persegi. Wilayah ini terletak di tepi Sungai Asahan, sungai terpanjang di Provinsi Sumatera Utara.

Wacana ini tidak hanya muncul dari kebutuhan praktis, tetapi juga memiliki dasar sejarah. Sumatera Timur pernah berdiri sendiri sebagai Negara Sumatera Timur pada tahun 1947-1950 sebagai bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS).



Namun, kemudian digabungkan kembali menjadi Provinsi Sumatera Utara.

Usulan pembentukan Provinsi Sumatera Timur mempertimbangkan sejarah tersebut dan aspirasi masyarakat, meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku.

Terdapat enam kabupaten yang diusulkan untuk bergabung dengan Provinsi Sumatera Timur, yaitu Kota Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan.





×

Baca juga: Usai Wacana Sumatera Tengah yang Makin Panas! Kini Pemekaran Sumatera Timur Curi Perhatian Publik, Ini Wilayah Ibu Kotanya

Baca juga: Serem Banget! Inilah Misteri Gunung Bromo, Kisah Keberadaan Kerajaan Gaib dan Pasir Hisap yang Bikin Penasaran, Berani Coba?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr