sunbanner

Buka Misteri! Asal Usul Nama Daerah Agam Berasal dari Mana? Ternyata Diambil dari Nama Sebuah Tanaman atau Anak Sungai dari Minangkabau

Buka Misteri! Asal Usul Nama Daerah Agam Berasal dari Mana? Ternyata Diambil dari Nama Sebuah Tanaman atau Anak Sungai dari Minangkabau

daerah-harry-prabowo/unplash-

Buka Misteri! Asal Usul Nama Daerah Agam Berasal dari Mana? Ternyata Diambil dari Nama Sebuah Tanaman atau Anak Sungai dari Minangkabau.

Sebuah perjalanan mengungkap sejarah dan asal-usul suatu daerah sering kali membawa kita ke dalam cerita yang kaya dan menarik.



Tak terkecuali untuk daerah kedua di Provinsi Sumatera Barat, yang tak lain adalah Agam. Namun, tahukah Anda bahwa nama Agam memiliki beberapa versi asal-usul yang menarik?

Baca juga: Eksplorasi Nama dan Sejarah Asal-usul Agam, Berasal Dari Batang Agam Hingga Mesiang Agam hingga Nama Anak Sungai yang Dipadukan?

Baca juga: Surga Wisata di Kaki Gunung Arjuno! Menikmati Keunikan Kebun Teh Wonosari yang Menyediakan Wahana Flaying Fox, Kolam Air Hangat Serta Menunggang Kuda?





×

Baca juga: Seneng Campur Bahagia! Nikmati Serunya Berkunjung ke Destinasi Wisata Perkebunan Arboretum Sumber Brantas, Ini Jadwal Jam Operasionalnya!

Salah satu versi menyebutkan bahwa Agam berasal dari istilah Batang Agam yang merujuk pada sebuah anak sungai di sebelah barat Gunung Merapi. Sungai ini menjadi saksi bisu perkembangan wilayah yang kini dikenal sebagai Agam.

Versi lainnya mengaitkan asal-usul nama Agam dengan tanaman bernama 'mesiang' atau 'mansi'.

Masyarakat Minangkabau merujuk pada tanaman ini sebagai 'mesiang agam' atau 'mansi agam'. Sebuah sentuhan alamiah yang menghadirkan keberagaman flora dalam sejarah nama daerah ini.

Tidak ketinggalan, versi ketiga menarik perhatian kita ke sosok bernama Datuak Rajo Agam. Dikisahkan bahwa nama Agam diambil dari seorang niniak Minangkabau yang bernama Datuak Rajo Agam.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr