sunbanner

Padat Banget! Kabupaten Karawang Pecah dan Bentuk Kota Baru dari Kecamatan Kecil, Jangan Salah! Wilayahnya Justru Pusat Ekonomi Terbesar

Padat Banget! Kabupaten Karawang Pecah dan Bentuk Kota Baru dari Kecamatan Kecil, Jangan Salah! Wilayahnya Justru Pusat Ekonomi Terbesar

daerah-smartschwarz/pixabay-

Dengan populasi lebih dari 2,4 juta jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, pemekaran Kabupaten Karawang menjadi sebuah alternatif yang masuk akal untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Ketujuh kecamatan yang diajukan untuk pemekaran menjadi Kota Cikampek adalah Kotabaru, Cikampek, Purwasari, Cimalaya Wetan, Tirtamulia, Jatisari, dan Banyusari. Rencananya, ibukota Kota Cikampek akan berada di Kecamatan Cikampek.



Penting untuk dicatat bahwa usulan ini tidak bertujuan untuk merongrong keutuhan Kabupaten Karawang, melainkan sebagai upaya untuk menciptakan pemerataan pembangunan dan meningkatkan pelayanan birokrasi pemerintahan di wilayah tersebut.

Ini merupakan langkah konstruktif untuk memajukan daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Ketua Komite Percepatan Pembangunan Daerah Otonomi Baru (PP DOB) Kota Cikampek, Rahmat Hidayat Djati, menjelaskan bahwa pembentukan Kota Cikampek diperlukan sebagai bagian integral dari pemekaran daerah di Provinsi Jawa Barat.





×

Baca juga: Dingin Sampai Menusuk Tulang? Inilah Daftar Daerah yang Miliki Suhu Tertinggi Se Indonesia, Paling Banyak di Kalimantan Timur!

Baca juga: Warganya Bahagia Panjang Umur Nih! 5 Kabupaten dengan Harapan Hidup Tertinggi di Jawa Timur, Juaranya Bukan Surabaya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr