sunbanner

Padat Banget! Kabupaten Karawang Pecah dan Bentuk Kota Baru dari Kecamatan Kecil, Jangan Salah! Wilayahnya Justru Pusat Ekonomi Terbesar

Padat Banget! Kabupaten Karawang Pecah dan Bentuk Kota Baru dari Kecamatan Kecil, Jangan Salah! Wilayahnya Justru Pusat Ekonomi Terbesar

daerah-smartschwarz/pixabay-

Kota Cikampek jadi Daerah Baru Pemekaran Karawang 

Wacana pemekaran Kabupaten Karawang untuk membentuk Kota Cikampek sebagai daerah otonomi baru di Provinsi Jawa Barat menjadi topik yang tengah hangat diperbincangkan.

Provinsi Jawa Barat, dengan sejumlah kabupaten dan kota di dalamnya, sedang merancang rencana pemekaran untuk menciptakan kabupaten dan kota daerah otonomi baru (DOB).



Namun, rencana ini menghadapi kendala serius, yaitu moratorium DOB yang masih berlaku dan belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Salah satu contoh konkret dari usulan pemekaran ini adalah rencana pembentukan Kota Cikampek, yang melibatkan pemekaran dari 7 kecamatan yang saat ini berada di bawah Kabupaten Karawang.

Kabupaten Karawang, dengan luas wilayah mencapai 1.911 kilometer persegi, terdiri dari 30 kecamatan, 12 kelurahan, dan 297 desa.





×

Baca juga: Miliki Daya Tampung 65,18 Juta Meter Kubik, Bendungan Pertama di Sulawesi Barat ini Anggarannya Fantastis Mencapai Rp1,02 Triliun

Baca juga: Eksplorasi Nama dan Sejarah Asal-usul Agam, Berasal Dari Batang Agam Hingga Mesiang Agam hingga Nama Anak Sungai yang Dipadukan?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr