sunbanner

Kabupaten Sukamara dan Lamandau Kabur dari Kalteng Usai Wacana Pemekaran Wilayah Baru Jadi Perhatian Publik! Serius Bakal Pilih Daerah Barito Raya?

Kabupaten Sukamara dan Lamandau Kabur dari Kalteng Usai Wacana Pemekaran Wilayah Baru Jadi Perhatian Publik! Serius Bakal Pilih Daerah Barito Raya?

daerah-boudewijin/unplash-

Wacana Kotawaringin dan potensi Pemekaran Wilayah 

Wacana pemekaran Provinsi Kalteng menjadi tiga terus menghangat dengan adanya rencana pemekaran sejumlah kabupaten di sepanjang aliran Sungai Barito dan lima kabupaten di wilayah Kotawaringin.

Salah satu kawasan yang menjadi sorotan untuk pemekaran Provinsi Kalteng adalah wilayah Kotawaringin, yang ternyata sudah siap untuk dimekarkan, hanya menunggu pembukaan keran pemekaran dari pemerintah pusat.



Dalam pengungkapan oleh Anggota DPR RI asal Kalteng, Drs Mukhtaruddin pada Rabu, 8 November 2023, diketahui bahwa lima kabupaten di wilayah Kotawaringin merupakan kandidat yang sangat potensial untuk membentuk provinsi baru.

Mukhtaruddin menyatakan bahwa semua persyaratan pemekaran untuk lima kabupaten tersebut sudah terpenuhi, tinggal menunggu keputusan dari pemerintah pusat yang saat ini masih mengalami moratorium terkait pemekaran wilayah.

Baca juga: Berubah Jadi Mall! Hotel Lama di Sulawesi Selatan Jadi Pusat Perbelanjaan yang Ramai Pengunjung, Dana Investasi Capai Rp3,5 Miliar?





×

Baca juga: 3 Kabupaten Baru di Kabupaten Deli Serdang Ini Buat Makin Gemuk! Sumatera Utara Kejar Target Pemekaran Wilayah?

"Saat ini masih ada moratorium untuk pemekaran wilayah di Indonesia, tetapi untuk pemekaran wilayah di Kotawaringin sudah siap karena semua persyaratan sudah dilengkapi dan sudah diajukan ke pemerintah pusat," ujarnya.

Kader Partai Golkar Kalteng ini menegaskan bahwa jika moratorium dicabut, Provinsi baru dari lima kabupaten di Kotawaringin sudah siap untuk dimekarkan.

Sementara itu, Pemprov Kalteng terus melakukan pembangunan rumah sakit di Kabupaten Seruyan sebagai langkah mendukung rencana pemekaran provinsi di wilayah Kotawaringin.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr