sunbanner

Siap-siap! 5 Kecamatan Ini Pilih Angkat Kaki dari Jambi Usai Isu Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi Makin Gencar

Siap-siap! 5 Kecamatan Ini Pilih Angkat Kaki dari Jambi Usai Isu Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi Makin Gencar

daerah-erol-ahmed/unplash-

Wacana pemekaran Jambi 

Sejumlah daerah di Provinsi Jambi turut meramaikan wacana pemekaran, tak kalah dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Kabupaten Sungai Bahar menjadi sorotan dalam rencana pemekaran di Provinsi Jambi, mengusung semangat untuk meningkatkan pemerataan dan pembangunan di tingkat lokal.

Wacana ini merujuk pada pemekaran dari Kabupaten Muaro Jambi, di mana Kabupaten Sungai Bahar direncanakan akan menjadi entitas kabupaten baru yang membawa perubahan signifikan.



Keputusan ini dipicu oleh luas wilayah Kabupaten Muaro Jambi yang cukup besar, mencapai 5.246 kilometer persegi.

Pemekaran tersebut akan melibatkan lima kecamatan, yaitu Kecamatan Sungai Bahar, Bahar Utara, Bahar Selatan, Jambi Luar Kota, dan Mestong.

Dalam perencanaannya, ibukota kabupaten baru ini akan terletak di Kecamatan Sungai Bahar, menjadi pusat kegiatan administratif dan pemerintahan.





×

Baca juga: Kabupaten Bengkalis Full Senyum! Daerah Ini Bakal Dicalonkan Jadi Wilayah Baru Pemekaran Kepri, Ibu Kotanya Wilayah Mana?

Baca juga: Klaten Putuskan Keluar dari Jawa Tengah Usai Desa Girpasang Nyaris Terlupakan: Jalan yang Sulit dan Terisolir jadi Faktor Utama

Kabupaten Muaro Jambi, sebagai entitas induk, dinilai sangat layak dan potensial untuk dilakukan pemekaran.

Dengan populasi sekitar 40.000 jiwa, masyarakat Muaro Jambi tampaknya mendukung rencana pemekaran ini, dan pemerintah daerah bersama DPRD Muaro Jambi sedang berusaha keras untuk merealisasikan aspirasi ini.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr