sunbanner

Majalengka Panik! 3 Kabupaten Baru Hasil Pemekaran Bikin Wilayah Makin Sempit, Serius Nih? Cek Daerah Anda Termasuk?

Majalengka Panik! 3 Kabupaten Baru Hasil Pemekaran Bikin Wilayah Makin Sempit, Serius Nih? Cek Daerah Anda Termasuk?

daerah-pexels/luca-

3. Kertajati

Wacana pemekaran wilayah Kecamatan Kertajati sebagai daerah otonomi baru kembali mencuat, bahkan usulan mengenai status DOB (Daerah Otonomi Baru) Kertajati dikabarkan telah sampai ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Sudibyo, seorang akademisi di Majalengka, menyatakan setuju dengan wacana ini, tetapi dengan mempertimbangkan kesiapan wilayah yang tidak dilakukan secara mendadak.



Baca juga: Kabupaten Sungai Bahar Diprediksi Jadi Wilayah Baru Pemekaran Jambi Paling Ditunggu! Segera Bentuk Provinsi Baru?

Menghadapi usulan dan wacana ini, diharapkan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jabar dapat melakukan pertimbangan matang untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait pemekaran daerah otonom baru di wilayah utara Kabupaten Majalengka.

Dengan adanya pemekaran wilayah baru, diharapkan akan terjadi keadilan kewilayahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat secara keseluruhan.





×

Baca juga: Kota Palopo Bakal Keluar Provinsi Sulawesi Selatan, Mengapa? Ternyata Kabupaten Ini Masuk Daerah Baru

Akademisi di Majalengka, Sudibyo, mendukung pemekaran ini, tetapi menekankan pentingnya kesiapan wilayah dalam proses pemekaran agar dapat berjalan lancar dan sukses.

Wacana pemekaran ini menjadi isu yang menarik perhatian dan tentu saja memerlukan kajian mendalam untuk melihat potensi dan dampaknya secara holistik bagi masyarakat dan pembangunan wilayah.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr