sunbanner

GM dan Honda Siap Luncurkan Layanan Taksi Tanpa Supir Pertama di Jepang, Yakin Ngak Ada Kecelakaan?

GM dan Honda Siap Luncurkan Layanan Taksi Tanpa Supir Pertama di Jepang, Yakin Ngak Ada Kecelakaan?

Taksi Otonom GM dan Honda--

OTOMOTIF1.com - GM Akan Luncurkan Layanan Taksi Tanpa Supir Pertama di Jepang, Yakin Ngak Ada Kecelakaan?

Perkembangan layanan taksi otonom untuk kota-kota padat sepertinya telah mereda dalam beberapa tahun terakhir, tetapi layanan taksi otonom ini terus berkembang di balik layar untuk akhirnya menjadi bagian dari hidup kita. Dan hal itu mungkin terjadi secepat tahun 2026.



Tahun itu, layanan tumpangan taksi otonom "pertama kali dalam sejarah" diharapkan diluncurkan di Jepang. Dan ini bukan berasal dari startup, melainkan dari raksasa Amerika, GM, dan mitra mereka dalam proyek ini, Honda.

Kedua perusahaan tersebut telah menjadi tiang penyangga perusahaan berbasis di San Francisco yang disebut Cruise selama beberapa tahun.

Tujuan yang diumumkan dari upaya ini adalah untuk membantu membangun dunia di mana tidak ada kecelakaan, tidak ada emisi, dan tidak ada kemacetan, setidaknya dalam hal berkendara dan transportasi di dalam batas kota.





×

Cruise sudah melakukan semacam uji coba teknologi otonomnya di empat kota Amerika, yaitu San Francisco, Austin, Phoenix, dan Houston.

Di semua tempat ini, teknologi otonom Cruise telah melakukan perjalanan sejauh 8 juta kilometer dan 100.000 perjalanan, dengan rata-rata 80 kilometer per perjalanan.

Namun, tampaknya penerapan teknologi ini yang sesungguhnya dalam skala besar akan terjadi di Jepang. Karena minggu ini, GM mengumumkan pendirian perusahaan patungan baru dengan Honda untuk membantu meluncurkan layanan tumpangan taksi di Jepang dalam tiga tahun.

Sejauh yang kita ketahui, ini telah diharapkan selama beberapa tahun (yang terakhir kali Honda mengungkapkan perkembangan ini adalah pada tahun 2022), tetapi berbeda dengan yang terjadi di Amerika Serikat, di mana uji coba dilakukan pada kendaraan otonom Chevrolet Bolt, Jepang akan mendapatkan Origin.

Origin adalah bus tanpa pengemudi yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020. Bus ini dapat mengangkut hingga enam orang sekaligus, duduk berhadapan satu sama lain, dan dikemudikan oleh kecerdasan buatan yang menggunakan lebih dari 40 sensor dan pandangan 360 derajat untuk memahami di mana ia berada dan apa yang seharusnya dilakukan.

Untuk mendukung layanan baru ini, perusahaan Amerika telah berkomitmen untuk membuat tidak kurang dari 500 kendaraan Origin, yang akan dirakit di fasilitas Detroit-Hamtramck Assembly Factory ZERO di Michigan.

Hingga saat ini, kami hanya mengetahui satu kota di mana Origin akan diterapkan, yaitu ibu kota Jepang, Tokyo.

Tempat ini merupakan salah satu kota paling padat di planet ini (selalu masuk dalam 20 kota paling padat di dunia), dan itu menjadikannya bukan hanya pasar dengan tantangan besar, tetapi juga potensi besar.

Secara terpisah, Cruise juga berencana untuk memperluas kehadirannya ke 12 kota lain di Amerika Serikat dalam beberapa tahun mendatang.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr