sunbanner

Kabupaten Majalengka Bentuk 3 Daerah Baru! 9 Kecamatan Ini Pilih Masuk Wilayah Pemekaran, Cek Daerah Kamu Termasuk?

Kabupaten Majalengka Bentuk 3 Daerah Baru! 9 Kecamatan Ini Pilih Masuk Wilayah Pemekaran, Cek Daerah Kamu Termasuk?

daerah-xiSerge/pixabay-

1. Bantal Cimale

Wacana pemekaran wilayah Majalengka antara Selatan dan Utara telah mencuatkan nama Bantal Cimale yang mencakup sembilan kecamatan.

Kecamatan-kecamatan tersebut adalah Bantarujeg, Banjaran, Talaga Cikijing, Argapura, Cingambul, Maja, Malausma, dan Lemahsugih.



Ketua Umum Padepokan Talaga Manggung, Tatan Hartono, menyatakan bahwa wacana ini sebenarnya telah beredar di masyarakat Majalengka Selatan sejak beberapa waktu lalu, sehingga kini ketika wacana ini mencuat kembali, tidak lagi asing bagi warga setempat.

Baca juga: Siapa Juara UMK Tertinggi di Jawa Timur pada Tahun 2023? Surabaya Fix Digeser Gresik? Dengan UMK Rp4.522.030,5?

2. Kadipaten

Pada tahun 2017, sejumlah tokoh masyarakat di Kadipaten, Kabupaten Majalengka, berharap wilayah mereka menjadi kota administratif atau daerah otonomi baru.





×

Wacana ini telah muncul sejak tahun 1990 dan diutarakan secara lama bersamaan dengan Kota Banjar dan Jatibarang di Kabupaten Indramayu.

Alasannya adalah Kadipaten menjadi pusat keramaian Kabupaten Majalengka serta menjadi pintu gerbang utama wilayah tersebut.

Baca juga: Padang Pecah! 4 Daerah di Sumatera Barat ini Putuskan Keluar! Padahal Punya Potensi Pertanian Buah Manggis, Nomor 1 Bisa Memproduksi 6.099,4 Ton

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr