sunbanner

Gak Kalah Eksis! Wacana Jawa Selatan Bikin Ketar-ketir Sebab Daerah Pusat Bisa Potensi Kalah Saing? Begini Penjelasan Selengkapnya

Gak Kalah Eksis! Wacana Jawa Selatan Bikin Ketar-ketir Sebab Daerah Pusat Bisa Potensi Kalah Saing? Begini Penjelasan Selengkapnya

daerah-nurul-fikriyah/unplash-

Rencana pemekaran wilayah kembali mencuat di Provinsi Jawa Timur, dengan melibatkan tiga provinsi baru yang diusulkan, yaitu Provinsi Blambangan, Provinsi Madura, dan Provinsi Mataraman atau Jawa Selatan.

Provinsi Jawa Timur, meskipun masih terdampak moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat, tetap mempertimbangkan pembentukan tiga provinsi baru tersebut.



Dalam konteks pemekaran Provinsi Blambangan, tujuh kabupaten dan kota menyatakan kesiapannya untuk bergabung, termasuk Kabupaten Jember yang terpilih sebagai ibukota Provinsi Blambangan.

Wilayah lain yang bersiap bergabung meliputi Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Situbondo.

Baca juga: Mulai dari Curug Terbesar hingga Tertinggi Inilah 3 Rekomendasi Air Terjun Spektakuler di Jawa Barat dengan Biaya Tiketnya...





×

Baca juga: 6 Kabupaten Ini Pilih Hengkang dari Jawa Tengah Usai Wacana Provinsi Jawut Makin Panas! Waduh, Gimana Nasib Semarang?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr