Kabupaten Terluas di Jawa Timur Capai 30,13 Km Ini Pastikan Keluar dari Masuk Provinsi Baru? Begini Wacana Jawa Selatan yang Bikin Geger

Kabupaten Terluas di Jawa Timur Capai 30,13 Km Ini Pastikan Keluar dari Masuk Provinsi Baru? Begini Wacana Jawa Selatan yang Bikin Geger

daerah-jeffry/pexels-

Meskipun Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah terbesar di Provinsi Jawa Timur, namun tidak dipilih sebagai ibukota provinsi baru karena keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA) di daerah tersebut.

Meskipun demikian, kabar mengenai pemekaran Provinsi Jawa Timur masih bersifat spekulatif karena belum adanya undang-undang yang mengatur pembentukan provinsi baru melalui pemekaran di wilayah tersebut.



Direktur Pengurus dan Otonomi Daerah Setda Jawa Timur, Jempin Marbun, menegaskan bahwa kabar pemekaran Provinsi Jawa Timur belum dapat dipastikan, dan pemerintah daerah masih mencari landasan hukum yang tepat.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyatakan dukungannya terhadap usulan pembentukan Provinsi Blambangan dan menekankan pentingnya melakukan kajian matang dan mengikuti prosedur yang berlaku.

Meskipun terdapat berbagai usulan pemekaran provinsi di Pulau Jawa, termasuk pemekaran Provinsi Jawa Timur, semuanya masih sebatas wacana karena moratorium DOB belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.





×

Baca juga: Stadion Standar FIFA di Kalimantan Timur Ini Terbengkalai Meski Habiskan Dana Rp 1,18 Trilliun! Jaraknya Hanya 64 Km dari Pusat Kota

Baca juga: Banjarnegara Mulau Ucul dari Jawa Tengah! Usai Ditemukan Air Terjun 7 Tingkat yang Dikelilingi Pegunungan: Asal-Usul Sejarah Joko Tarub?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr