sunbanner

Provinsi Jambi dan Sumatera Barat Bakal Bersatu Demi Bentuk Provinsi Baru Sumatera Tengah! Bikin Was-was, Padang Pindah Kemana?

Provinsi Jambi dan Sumatera Barat Bakal Bersatu Demi Bentuk Provinsi Baru Sumatera Tengah! Bikin Was-was, Padang Pindah Kemana?

daerah-denys-nevozha/unplash-

Pemekaran Sumatera Tengah

Perjuangan untuk merdeka dari Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar) menciptakan gelombang perubahan di Pulau Sumatera.

Namun, tidak hanya Sumselbar yang berjuang; rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tengah (Sumteng) juga memunculkan dinamika menarik.



Inisiator utama di balik wacana pembentukan Sumteng adalah Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar. Seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Sumteng akan dibentuk dari tujuh kabupaten yang berada di Provinsi Jambi, Sumatera Barat, dan Riau.

Baca juga: Rampung di Tahun 2021! Sulawesi Selatan Rela Tumbalkan 3 Bukit Indah Demi Bangun Bandara Senilai 800 M, Sayang Banget Bentuknya Tak Sesuai Harapan?





×

Baca juga: Fakta Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Terkenal Pusat Administrasi Paling Efesien hingga Paket Komplit Keindahan Destinasi?

Usulan Resmi ke Presiden Jokowi

Langkah konkret diambil dengan mengajukan surat usulan pembentukan Sumteng kepada Presiden Jokowi pada 27 Oktober 2022. Dalam suratnya, Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar menyatakan bahwa pembentukan Sumteng bertujuan untuk meningkatkan daya saing masyarakat di tujuh kabupaten dan kota yang berasal dari tiga provinsi.

Baca juga: Kabar Kabupaten Brebes Bakal Lakukan Pemekaran Ulang? Usulan Warga dan Reaksi Pemerintah Isu Wacana Kabupaten Baru di Jawa Tengah

Baca juga: Ngincer Provinsi Baru! Pemekaran Kalimantan Barat Buat 5 Kabupaten Kalbar Bergabung, Bakal Jadi Apa Ya Nama Provinsinya?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr