sunbanner

Megahnya Bangunan yang Mencerminkan Kearifan Lokal Khas Sulawesi Selatan Lewat Bandara Toraja yang Bentuknya Mirip Rumah Adat, Meski Banyak Pengorbanan!

Megahnya Bangunan yang Mencerminkan Kearifan Lokal Khas Sulawesi Selatan Lewat Bandara Toraja yang Bentuknya Mirip Rumah Adat, Meski Banyak Pengorbanan!

Punya Luas Melebar! Inilah Bandara Terbesar di Sumatera Utara yang Namanya Berasal dari Singkatan, Gak Nyangka Begini Artinya-tanathip-ratanum/pexels-

Landasan pacu setinggi 2000 meter memungkinkan pendaratan pesawat badan besar seperti Boeing 737.

Salah satu daya tarik utama dari Bandara Toraja adalah desainnya yang mengadopsi bentuk rumah adat Tanah Toraja.



Bentuk atapnya yang melengkung ke atas, mirip dengan rumah tongkonan, memberikan kesan khas dengan sentuhan arsitektur lokal.

Baca juga: Kabupaten Lampung Timur Gagas Kabupaten Lampung Tenggara untuk Meningkatkan Pelayanan Publik? Rencanakan 12 Kecamatan Ikut Bergabung?

Meskipun terbuat dari tembok, bandara ini tetap berhasil mengekspresikan keunikan arsitektur tradisional sambil mempertahankan fungsionalitas modern yang diharapkan dari sebuah bandara.





×

Terletak di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Bandara Toraja bukan hanya sebuah infrastruktur transportasi, tetapi juga sebuah karya seni yang membanggakan.

Dengan kehadiran bandara ini, Sulawesi Selatan telah menorehkan capaian megah yang tidak hanya mempermudah mobilitas masyarakat, tetapi juga menjadi simbol keberhasilan dan identitas lokal yang kuat.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr