sunbanner

Kecamatan Wates Pilih Tinggalkan Blitar, Mengapa? Begini Isu Pemekaran Kabupaten Baru Pemekaran Wilayah yang Segera Terwujud

Kecamatan Wates Pilih Tinggalkan Blitar, Mengapa? Begini Isu Pemekaran Kabupaten Baru Pemekaran Wilayah yang Segera Terwujud

daerah-he-zhu/unplash-

Bentuk Kabupaten Blitar Selatan 

Daerah tersebut memiliki kepadatan penduduk sebesar 770 jiwa per kilometer persegi, menjadi salah satu pertimbangan penting dalam perencanaan pemekaran ini.

Adapun 7 kecamatan dan 75 desa yang direncanakan untuk bergabung, termasuk Kecamatan Lodoyo atau Sutojayan, Kecamatan Binangun, dan Kecamatan Wates.



Wilayah yang luas menjadi salah satu pemicu pembahasan wacana pemekaran, mengingat luas wilayah Kabupaten Blitar mencapai 1.588 kilometer persegi, dengan 22 kecamatan, 28 kelurahan, dan 220 desa.

Baca juga: Wacana Pemekaran Sumatera Tengah Cuma Mimpi? Syarat Bentuk Daerah Resmi Terpenuhi, Tinggal Restu Presiden Jokowi?

Baca juga: Rampung di Tahun 2021! Sulawesi Selatan Rela Tumbalkan 3 Bukit Indah Demi Bangun Bandara Senilai 800 M, Sayang Banget Bentuknya Tak Sesuai Harapan?





×

Pemekaran Kabupaten Blitar sedang diajukan ke pemerintahan pusat, melibatkan Kecamatan Panggungrejo, Kecamatan Kademangan, Kecamatan Wonotirto, dan Kecamatan Bakung. Lokasi ibukota yang direncanakan berada di Kecamatan Lodoyo atau Sutojayan, dipilih dengan pertimbangan strategis untuk pembangunan yang merata.

Keputusan ini tentu tidak terlepas dari dampak pergeseran wilayah, yang menyebabkan Kabupaten Blitar kehilangan sebagian wilayah pesisir yang akan digantikan oleh wilayah yang pindah ke Blitar Selatan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr