sunbanner

Warga Jatim Dibuat Heboh Usai Ditemukan Gunung Bawah Laut Sedalam 2,300 Meter di Laut Pacitan, Warga Was-was Bupati Angkat Bicara

Warga Jatim Dibuat Heboh Usai Ditemukan Gunung Bawah Laut Sedalam 2,300 Meter di Laut Pacitan, Warga Was-was Bupati Angkat Bicara

Benarkah Usulan Pemekaran Kaltim Picu Kontroversi? Apakah Samarinda Ikut Terlempar Demi Pembangunan Daerah Baru? Fakta atau Hoax?-hua-thun/unplash-

Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG), Gunung Jogo Jagad ditemukan sekitar 200 kilometer barat daya perairan Pacitan dengan ketinggian mencapai 2.300 meter dari dasar laut yang memiliki kedalaman 6.000 meter.

Meskipun memiliki dimensi yang mengagumkan, para ahli sepakat bahwa Gunung Jogo Jagad tidak bersifat vulkanis, sehingga tidak membawa potensi bahaya.



Baca juga: Yakin Iri! Capai Usia 153 Tahun, Stasiun Kereta Api Gubeng di Surabaya Masih Beroperasi Serta Jadi Jalur Kereta Api Terbesar di Jawa Timur?

Gunung ini, lebih tepatnya, merupakan hasil dari fenomena geologi yang menarik. Terletak di dasar laut, Gunung Jogo Jagad merupakan kenampakan topografi belaka yang naik setinggi 2.300 meter.

Proses ini terjadi akibat tunjaman dari lempeng Indo-Australia, di mana bagian lempeng lain terdorong ke atas selama jutaan tahun, membentuk gunung bawah laut yang menakjubkan.





×

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr