sunbanner

Gebrakan Baru! Rencana Pemekaran Sumatera Utara Menuju Lima Provinsi Terus Bergulir, Awalnya 3 Provinsi Sekarang Bertambah Lagi?

Gebrakan Baru! Rencana Pemekaran Sumatera Utara Menuju Lima Provinsi Terus Bergulir, Awalnya 3 Provinsi Sekarang Bertambah Lagi?

daerah-jplenio/pixabay-

Gebrakan Baru! Rencana Pemekaran Sumatera Utara Menuju Lima Provinsi Terus Bergulir, Awalnya 3 Provinsi Sekarang Bertambah Lagi?

Saat ini, wacana menarik mengenai pemekaran wilayah sedang banyak dibicarakan dan dibahas, tak lain Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ikut menjadi topik trending.



Pasalnya, Provinsi Sumut sedang merencanakan wacana pemekaran wilayah menjadi lima provinsi terus mengemuka, menghadapi tantangan moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang masih berlaku.

Baca juga: 3 Daerah di Kabupaten Jember Jawa Timur Ini Pernah Dilanda Hujan Hampir Satu Tahun? Cek Daerah Kamu Termasuk Gak Nih

Baca juga: Keindahan Sejuta Cerita di Balik Ketenangan 4 Wilayah Tersepi di Kotabaru: Bikin Kaget Kelumpang Barat dan Pulau Sebuku Masuk Urutan?





×

Baca juga: Sunyi dan Sepi! Inilah Kecamatan di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan yang Dinobatkan Sebagai Wilayah Terisolir yang Dihuni 5.738 Jiwa

Usulan ini menggagas pembentukan 5 Provinsi baru, yang meliputi Kepulauan Nias, Provinsi Tapanuli, Provinsi Sumatera Tenggara, Provinsi Toba Raya, dan Provinsi Sumatera Timur.

Hingga akhirnya akan membawa angin segar bagi perubahan peta administratif di tanah Batak. Dalam perkembangannya pembentukan wilayah baru, saat ini sedang tahap rencana dan wacana.

Wacana pemekaran Sumatera Utara yang awalnya hanya melibatkan tiga provinsi baru, yakni Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Tapanuli, dan Provinsi Sumatera Tenggara, kini menjadi sorotan utama.

Tantangan terberat muncul dalam bentuk moratorium DOB yang diterapkan oleh Pemerintah Pusat, namun semangat untuk merombak administrasi regional tidak padam.

Pertama-tama, pembentukan Provinsi Kepulauan Nias menjadi titik fokus awal dalam wacana ini. Dengan kekayaan alam dan budaya yang khas.

Kepulauan ini berpotensi menjadi entitas administratif yang mandiri. Dengan demikian, masyarakat setempat dapat lebih fokus mengembangkan potensi lokal mereka tanpa harus terlalu tergantung pada pusat.

Kemudian, Provinsi Tapanuli juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam rencana pemekaran ini. Wilayah yang kaya akan keanekaragaman budaya dan sumber daya alam ini memiliki potensi besar untuk berkembang secara mandiri.

Pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan sumber daya alam yang lebih efektif bisa menjadi kunci keberhasilan bagi provinsi baru ini.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr