sunbanner

Relakan Cianjur dan Cikampek! Usulan Pemekaran Wilayah Kota Baru di Jawa Barat Sudah Bertekad, Kapan Mendapat Lampu Hijau?

Relakan Cianjur dan Cikampek! Usulan Pemekaran Wilayah Kota Baru di Jawa Barat Sudah Bertekad, Kapan Mendapat Lampu Hijau?

daerah-squid-hard/unplash-

Kota Cikampek

Tak kalah menarik, Kota Cikampek menjadi wacana menarik sebagai Daerah Otonomi Baru di provinsi Jawa Barat. Kabupaten Karawang menjadi "induk" dari Kota Cikampek yang direncanakan akan terdiri dari tujuh Kecamatan dan 75 Desa.

Kecamatan yang masuk dalam rencana pemekaran ini melibatkan Cikampek, Purwosari, Tirtamulya, Jatisari, Banyusari, Kotabaru, dan Cilamaya Wetan.



Dengan potensi pembentukan kota baru, diharapkan masyarakat di sekitar Kota Cikampek dapat merasakan dampak positif, termasuk peningkatan infrastruktur dan pelayanan publik.

Meski usulan pemekaran Kota Baru telah berkecamuk sejak 1999, tantangan dan harapan tetap menjadi polemik tersendiri.

Proses pemekaran bukanlah perkara mudah, melibatkan berbagai aspek termasuk regulasi, dukungan masyarakat, dan kesiapan infrastruktur.





×

Baca juga: Tapanuli Belum Puas dengan Wilayahnya? Wacanakan Pemekaran Provinsi di Sumatera Utara, Dibagi Menjadi Berapa Bagian?

Baca juga: Yogyakarta Segera Dilepaskan Dari Daerah Istimewah, Usai Tak Mampu Pertahankan Hotel Bintang 5 Termewah yang Buka Sejak 2017, Bangkrut Karena Hutang?

Sebagai masyarakat Jawa Barat, kita dapat bersama-sama menyaksikan dan mengawal perkembangan usulan ini.

Potret Kota Cipanas dan Kota Cikampek mungkin saja akan menjadi kisah sukses pemekaran wilayah yang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat.

Seiring berjalannya waktu, kita dapat mengharapkan lebih banyak lagi usulan dan wacana Kota Baru yang menggairahkan.

Menggambarkan semangat eksplorasi Jawa Barat dalam mengembangkan potensi-potensi terpendamnya.

***

Editor: Septiana
TAG: #pemekaran wilayah #daerah #provinsi #kecamatan #kabupaten #kota #desa #dusun #perkembangan daerah #nambah daerah baru
Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr