Bangun Era Baru! Kepulauan Nias Bersiap Meninggalkan Sumatera Utara Demi Bentuk Daerah Sendiri, 8% Wilayah Disumbang SUMUT

Bangun Era Baru! Kepulauan Nias Bersiap Meninggalkan Sumatera Utara Demi Bentuk Daerah Sendiri, 8% Wilayah Disumbang SUMUT

daerah-russel-smith/unplash-

Bangun Era Baru! Kepulauan Nias Bersiap Meninggalkan Sumatera Utara Demi Bentuk Daerah Sendiri, 8% Wilayah Disumbang SUMUT.

Sumatera Utara yang terkenal dengan keindahan alam serta sumber daya alam yang melimpah ini kini sedang merencanakan pemekaran wilayah. Tebak wilayah mana yang akan berpisah dengan sumut?



Wilayah yang akan dilepas sumut ialah kepulauan Nias. Dengan 25 kabupaten dan 8 kota yang menciptakan keberagaman seluas 72.812,23 kilometer persegi, Sumut membawa potensi besar yang siap dijelajahi.

Baca juga: Kepulauan Nias Ingin Merdeka dari SUMUT? Beginilah Upaya Sumatera Utara Bersiap Menuju Daerah Otonomi Baru, Siap Nambah Ibu Kota?

Baca juga: Kalimantan Tengah Pecah Usai Ada 2 Wilayah yang Pilih Minggat Akibat Diusulkan jadi Wilayah Paling Jauh, 13 Kabupaten Ini Akan Ikuti Jejaknya?





×

Baca juga: Luca Marini Dikabarkan Gabung Repsol Honda di MotoGP 2024, Simak Daftar Pembalap Italia yang Pernah Gabung

Keputusan memisahkan diri ini bermula dari dorongan kuat, terutama karena keunikan letak geografis dan latar belakang budaya yang berbeda di Kepulauan Nias.

Pemerintah ingin melihat pembentukan provinsi baru sebagai solusi untuk meratakan pembangunan dan memberikan respons yang lebih cepat terhadap kebutuhan lokal.

Meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih diberlakukan, semangat untuk mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias tetap bersemangat, meski moratorium belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Dalam langkah menuju kemerdekaan dari Sumut, Provinsi Kepulauan Nias akan mencakup wilayah seluas 5.620 kilometer persegi, menyumbang sekitar 8 persen dari total luas Sumut.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr