sunbanner

Sumatera Utara Bikin Heboh! Usai Wilayah Ini Jadi Alasan Provinsi Pecah dan Bakal Bentuk Daerah Baru Pemekaran, Cek Wilayah Kamu Termasuk?

Sumatera Utara Bikin Heboh! Usai Wilayah Ini Jadi Alasan Provinsi Pecah dan Bakal Bentuk Daerah Baru Pemekaran, Cek Wilayah Kamu Termasuk?

daerah-erol-ahmed/unplash-

Provinsi Sumatera Utara (Sumut), salah satu provinsi terbesar di Indonesia, saat ini tengah mengambil langkah-langkah persiapan untuk pemekaran wilayah.

Dalam upaya menciptakan lebih banyak daerah otonomi, Sumut akan menjalani proses pemisahan untuk membentuk Provinsi Kepulauan Nias.



Sebagai provinsi dengan populasi terbanyak keempat di Indonesia, Sumut memiliki peran sentral dalam perkembangan negara.

Baca juga: Sumut Bakal Berkembang Banyak? Wacana Pemekaran Sumatera Utara Libatkan Bandar Pulau hingga Kabupaten Asahan

Baca juga: Pemekaran Makin Matang! Kota Ketapang Mantap Keluar dan Pilih Bentuk Provinsi Baru, Intip Kecamatan dan Kabupaten yang Bakal Kena Rombak





×

Profil Provinsi Kepulauan Nias

Setelah pemisahan dari Sumut, Provinsi Kepulauan Nias akan memiliki luas wilayah sekitar 5.620 kilometer persegi, menyumbang sekitar 8 persen dari total wilayah Sumut. Dengan jumlah penduduk lebih dari 890 ribu jiwa, provinsi ini akan menyumbang sekitar 6 persen dari total populasi Sumut yang mencapai 14,9 juta jiwa lebih.

Baca juga: Dibikin Senyum! Pemekaran Jawa Timur Ini Paling Ditunggu? Ini Calon Provinsi Baru Kepulauan Sumenep dan Calon Ibu Kotanya

Baca juga: Bulak dan Panggung Akan Tinggalkan Jawa Timur, Kesal Akibat Masuk dalam 8 Kabupaten dengan Nama Unik di Magetan Jatim Nomor 6 Mirip Nama Buah yang Kaya Vit C

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr