sunbanner

Kapuas Raya dan Ketapang Siap Ucap Say Goodbay ke Kalimantan Barat yang Usulkannya Jadi 2 Wilayah Baru Meski Moratorium Belum Dicabut?

Kapuas Raya dan Ketapang Siap Ucap Say Goodbay ke Kalimantan Barat yang Usulkannya Jadi 2 Wilayah Baru Meski Moratorium Belum Dicabut?

daerah-frans-van/pexels-

Kapuas Raya dan Ketapang Siap Ucap Say Goodbay ke Kalimantan Barat yang Usulkannya Jadi 2 Wilayah Baru Meski Moratorium Belum Dicabut?Dalam sebuah langkah berani untuk meningkatkan pemerataan pembangunan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) telah mengajukan usulan pemekaran wilayah.

Rencananya, Kalbar akan membagi diri menjadi dua provinsi baru yang bernama Provinsi Kapuas Raya dan Provinsi Ketapang, atau lebih dikenal sebagai Provinsi Tanjungpura dan bersiap untuk mengucap selamat tinggal.



Baca juga: Pabrik Air Minum Terbesar di Jawa Tengah Ini Harus Alami Bangkrut Meski Sudah Berdiri Sejak 2003, Begini Kisah Pilu Dibaliknya

Baca juga: Sumut Bakal Berkembang Banyak? Wacana Pemekaran Sumatera Utara Libatkan Bandar Pulau hingga Kabupaten Asahan

Baca juga: Pemekaran Makin Matang! Kota Ketapang Mantap Keluar dan Pilih Bentuk Provinsi Baru, Intip Kecamatan dan Kabupaten yang Bakal Kena Rombak





×

Pemekaran wilayah ini menjadi agenda penting untuk merangsang perkembangan pembangunan di wilayah tersebut.

Dalam usulan yang disampaikan, pemerintah daerah berharap dapat memberikan alasan kuat kepada Pemerintah Pusat agar moratorium Daerah Otonom Baru (DOB) dapat dicabut.

Pemekaran wilayah diharapkan menjadi katalisator bagi percepatan pembangunan di daerah-daerah yang masih tertinggal.

Sebagai salah satu kandidat Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Ketapang, Kota Ketapang mengalami perubahan signifikan.

Awalnya dikenal sebagai Kabupaten Ketapang, kini Kota Ketapang menjadi entitas yang mandiri setelah melalui proses pemekaran daerah.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr