sunbanner

Bikin Syok! Stasiun Tertua di Sumatera Barat Ini Berhasil Dirombak Jadi Mall Termegah Habiskan Dana Rp 2,4 Milliar

Bikin Syok! Stasiun Tertua di Sumatera Barat Ini Berhasil Dirombak Jadi Mall Termegah Habiskan Dana Rp 2,4 Milliar

stasiun-fachry-hadid/unplash-

Stasiun tertua di Sumatera Barat dirubah jadi Mall 

Stasiun ini, yang terletak di Tarok Dipo, Guguk Panjang, Bukittinggi, dijuluki sebagai Stasiun Fort de Kock, telah menyaksikan sejarah perkeretaapian Sumatera Barat selama lebih dari 127 tahun.

Dibuka pada 1 November 1891, stasiun ini menjadi bagian penting dari jalur kereta rute Padang Panjang ke Bukittinggi dengan panjang lintasan mencapai 19 km.



Meskipun telah menjadi bagian dari sejarah dan budaya lokal, stasiun tertua di Sumatera Barat ini menghadapi nasib yang tidak menggembirakan.

Kabar mengenai rencana penggusuran oleh pemerintah setempat menyelimuti eksistensi stasiun ini.

Stasiun Fort de Kock, yang pernah menjadi stasiun kereta api nonaktif kelas II, menjadi saksi bisu perkembangan jalur kereta api tersebut.





×

Awalnya digunakan untuk mengangkut biji kopi, stasiun ini kemudian mengalami perubahan fokus setelah masa kemerdekaan, melayani pengangkutan penumpang.

Baca juga: GSrek Indonesia Akan Tuntaskan 8 Misi Disepanjang Pulau Jawa Hingga Bali Dalam The GrandTour ’23 Adventure Rally

Baca juga: Pabrik Air Minum Terbesar di Jawa Tengah Ini Harus Alami Bangkrut Meski Sudah Berdiri Sejak 2003, Begini Kisah Pilu Dibaliknya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr