sunbanner

Bikin Syok! Stasiun Tertua di Sumatera Barat Ini Berhasil Dirombak Jadi Mall Termegah Habiskan Dana Rp 2,4 Milliar

Bikin Syok! Stasiun Tertua di Sumatera Barat Ini Berhasil Dirombak Jadi Mall Termegah Habiskan Dana Rp 2,4 Milliar

stasiun-fachry-hadid/unplash-

Namun, pada tahun 1986, jalur kereta api di stasiun ini ditutup karena kondisi jalur yang ekstrem dan sarana-prasarana yang sudah tua.

Sejak saat itu, stasiun ini menghadapi kepunahan hingga pada tahun 2017, sejumlah bangunannya termasuk stasiun ini digusur untuk menyambut jalur kereta api Trans-Sumatra.



Kini, lahan bekas stasiun tertua di Sumatera Barat mengalami transformasi yang menarik. Meskipun muncul rumor pembangunan hotel mewah, Pemerintah Kota Bukittinggi telah mengambil langkah untuk memanfaatkannya sebagai pusat kuliner.

Baca juga: Sumut Bakal Berkembang Banyak? Wacana Pemekaran Sumatera Utara Libatkan Bandar Pulau hingga Kabupaten Asahan

Baca juga: Berencana Merasakan Sensasi Berendam di Pemandian Air Panas Alami? Inilah Pemandian Air Panas yang Punya Keunggulan Mengatasi Masalah Kesehatan dan Perawatan Kulit





×

Dengan nama "Stasiun Street Food," pusat kuliner ini berdiri di atas lahan seluas 2,1 hektare, menandai upaya Pemkot Bukittinggi dalam memanfaatkan warisan bersejarah menjadi destinasi kuliner yang menarik.

Pada Maret 2023, Pemkot Bukittinggi bahkan sudah mencapai kesepakatan untuk menyewa lahan bekas stasiun tertua di Sumatera Barat selama lima tahun dari PT KAI.

Dengan anggaran sekitar Rp2,4 miliar, proyek ini tidak hanya menghidupkan kembali jejak bersejarah stasiun, tetapi juga memberikan wajah baru yang dinamis sebagai pusat kuliner yang menarik minat masyarakat setempat dan wisatawan.

Transformasi ini menjadi contoh positif bagaimana aset bersejarah dapat disulap menjadi destinasi modern yang bermanfaat bagi masyarakat lokal dan pariwisata Sumatera Barat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr