sunbanner

Wacana Provinsi Baru dari Gabung Kalsel dan Kalteng, Ada 5 Kabupaten Baru Apakah Warganya Pada Setuju? Jika FIX Masyarakatnya Pindah KTP?

Wacana Provinsi Baru dari Gabung Kalsel dan Kalteng, Ada 5 Kabupaten Baru Apakah Warganya Pada Setuju? Jika FIX Masyarakatnya Pindah KTP?

Eksplorasi Kecamatan Tekecil di Kabupaten Banyumas, Purwokerto Barat Jadi Titik Terkecil di Jateng?-Berbagai Sumber-

Razak mengungkapkan bahwa usulan pemekaran Kalimantan Tengah sudah diajukan sejak beberapa tahun yang lalu.

Wacana pemekaran ini telah ada sejak lama, terutama dari daerah Kotawaringin dan Barito Raya, mengingat luasnya Kalimantan Tengah yang melebihi satu setengah kali luas Pulau Jawa.



Menurut Razak, pemekaran provinsi ini suatu saat pasti akan terjadi karena wilayahnya yang terlalu luas. Dia juga mengungkapkan bahwa terkait dengan pemekaran Kalimantan Tengah menjadi provinsi baru, ada satu kabupaten dari Kalimantan Selatan yang akan bergabung dalam pemekaran tersebut.

Rencana pemekaran provinsi Kalimantan Tengah menjadi provinsi baru ini masih dalam tahap wacana dan pembahasan lebih lanjut.

Namun, dengan luas wilayah yang begitu besar, pemekaran tersebut dianggap sebagai kebutuhan yang akan terjadi di masa depan.





×

Harapannya, dengan pemekaran ini, pemerintahan dan pembangunan di wilayah Kalimantan Tengah dapat lebih efektif dan optimal.

Provinsi baru yang direncanakan untuk dimekarkan dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah Provinsi Barito Raya.

Terdapat setidaknya 5 kabupaten yang diusulkan untuk membentuk Provinsi Barito Raya, yaitu 4 kabupaten dari Kalimantan Tengah dan 1 kabupaten dari Kalimantan Selatan.

Berikut adalah daftar kabupaten yang direncanakan untuk menjadi bagian dari Provinsi Barito Raya:

Baca juga: Indramayu Gak Boleh Kegeser! UMK Terbaru Tetap Unggul di Wilayah Ciayumajakuning Bisa Tembus Rp 2.541.996,72

Baca juga: Pertama Kali Dalam Sejarah di Abad Ini, Lampung dan Bengkulu Bakal Bersatu Lewat Jembatan dengan Dana Rp168 Miliar dan Panjang 215 Meter

Baca juga: Kota Banjar Minder dari Sumedang Usai Pengumuman UMK Jawa Barat 2024 Keluar, Kota Bekasi Juaranya Bisa Tembus Rp 5 Juta

  1. Kabupaten Murung Raya (Kalteng)
  2. Kabupaten Barito Utara (Kalteng)
  3. Kabupaten Barito Selatan (Kalteng)
  4. Kabupaten Barito Timur (Kalteng)
  5. Kabupaten Barito Kuala (Kalsel)

Ibu kota provinsi baru ini direncanakan berada di Kabupaten Barito Utara. Namun, keputusan pemindahan ibu kota masih dalam tahap usulan dan perlu persetujuan lebih lanjut.

Lnajutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr