sunbanner

Garut Kesindir Nih! Kabupaten Bogor Resmi Lakukan Pemekaran 2 Wilayah, Bakal Calon Daerah Terpopuler?

Garut Kesindir Nih! Kabupaten Bogor Resmi Lakukan Pemekaran 2 Wilayah, Bakal Calon Daerah Terpopuler?

daerah-sasint/pixabay-

Meskipun moratorium daerah otonomi baru (DOB) masih berlaku, namun wacana pembentukan sejumlah kabupaten/kota hingga provinsi baru terus bermunculan di berbagai penjuru Indonesia.

Salah satunya adalah rencana pemekaran Kabupaten Bogor di Provinsi Jawa Barat, yang mengusung ide membentuk tiga kabupaten daerah otonomi baru.



Pembentukan Kabupaten Bogor Barat menjadi langkah signifikan dalam pemekaran Kabupaten Bogor. Saat ini, 14 kecamatan bersiap bergabung dengan kabupaten ini.

Kecamatan seperti Tenjolaya, Dramaga, Pemijahan, hingga Ciampea akan menjadi bagian dari identitas baru, yaitu Kabupaten Bogor Barat.

Baca juga: Kabupaten Sebesar 95,56 Km Ini Bakal Jadi Wilayah Pemekaran Terbaik di Jawa Barat, Kota Lembang Segera Susul Bandung Jadi Daerah Metropolitan





×

Baca juga: Palopo Jadi Ibukota Baru? Intip 3 Isu Pemekaran di Sulawesi Selatan yang Bakap Pisah Daerah-dariah ini dan Gabungkan Kota-Kabupaten Baru?

Pemekaran tidak hanya soal administratif, melainkan juga melibatkan pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah daerah bersama dengan pemerintah pusat harus bekerja sama untuk menyusun langkah-langkah implementatif yang memastikan keberlanjutan dan kesuksesan pemekaran ini.

Baca juga: Tanjungpinang dan Lingga Akan Keluar dari Batam Usai Masuk Wilayah dengan UMK Terendah Hanya Rp3.771.073 Kalah Telak dari Bintan

Dengan rencana pemekaran Kabupaten Bogor, Indonesia kembali menyaksikan perubahan dalam tatanan administratifnya. Bagaimana perkembangan selanjutnya, dan bagaimana masyarakat akan merespons, menjadi sorotan dalam perjalanan panjang menuju tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Pemekaran ini diharapkan tidak hanya menjadi lembaran baru dalam sejarah administratif daerah, tetapi juga mampu membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr