sunbanner

Bukan Sekedar Wacana! Provinsi Baru Kalimantan Barat Ini Bakal Hebohkan Indonesia, Dua Provinsi Ini Miliki Luas 147 Km

Bukan Sekedar Wacana! Provinsi Baru Kalimantan Barat Ini Bakal Hebohkan Indonesia, Dua Provinsi Ini Miliki Luas 147 Km

daerah-Pexels/pixabay-

Meskipun hingga saat ini belum terealisasi, pihak pemerintah provinsi menegaskan bahwa pembentukan ini bukan hanya sekadar wacana dan sedang dalam tahap perencanaan yang matang.

1. Provinsi Kapuas Raya



Provinsi pertama yang diusulkan dimekarkan dari Kalimantan Barat adalah Provinsi Kapuas Raya. Rencananya, lima kabupaten akan bergabung di provinsi ini, yaitu Kabupaten Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Sekadau, dan Sanggau. Ibu kota Provinsi Kapuas Raya direncanakan akan berlokasi di Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang. Langkah ini diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang lebih dekat dengan masyarakat.

2. Provinsi Tanjungpura

Provinsi kedua yang diusulkan dimekarkan adalah Provinsi Tanjungpura. Wilayah ini mencakup Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang. Untuk memenuhi syarat sebagai provinsi baru, Kabupaten Ketapang akan dipecah menjadi Kabupaten Tumbang Titi, Hulu Aik, dan Jelai Kendawangan Raya. Dengan langkah ini, total akan ada lima kabupaten yang bergabung di Provinsi Tanjungpura. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa provinsi baru memiliki cukup jumlah kabupaten atau kota sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.





×

Baca juga: Wacana Lepasnya Bogor Barat dari Kabupaten Bogor, Berencana Ukir Sejarah Menuju Era Baru dengan Ikut Sertakan 14 Kecamatan Siap Bergabung, Ini Daftarnya!

Baca juga: Loh Yo Opo Rek! Surabaya Lengser Jadi Ibu Kota Jawa Timur Usai Wacana Pemekaran Jawa Timur Makin Gencar, Digantikan Wilayah Mana?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr