sunbanner

Kerap Kali Diremehkan! Gorontalo Bersiap Bentuk Provinsi Baru Pemekaran, Ini Kabupatennya dan Potensi Terbaik

Kerap Kali Diremehkan! Gorontalo Bersiap Bentuk Provinsi Baru Pemekaran, Ini Kabupatennya dan Potensi Terbaik

daerah-tom-fisk/pexels-

Walaupun usianya belum sebanding dengan provinsi lain, Gorontalo memiliki prestasi yang membanggakan dalam pemekaran wilayah.

Tiga wilayah berhasil dipisahkan dari induknya, menandakan kemajuan dan potensi yang dimiliki oleh provinsi ini.



Pada tahun 1999, sebelum menjadi provinsi, Gorontalo yang saat itu masih bagian dari Provinsi Sulawesi Utara memulai perjalanan pemekaran wilayah.

Kabupaten Gorontalo berhasil memekarkan diri dan melahirkan Kabupaten Boalemo, memberikan sentuhan baru dalam administratif wilayah.

Pemekaran berlanjut pada tahun 2003, ketika Kabupaten Bone Bolango terbentuk sebagai hasil dari upaya pemekaran Provinsi Gorontalo.





×

Langkah berani ini semakin mengukuhkan Gorontalo sebagai entitas yang berkembang dan berdaya.

Puncak dari serangkaian pemekaran adalah pada tahun 2007, ketika Kabupaten Gorontalo Utara lahir sebagai buah dari kesungguhan pemekaran wilayah.

Tiga kabupaten ini, Boalemo, Bone Bolango, dan Gorontalo Utara, kini menjadi bagian integral dari Provinsi Gorontalo yang semakin berkembang.

Baca juga: Penuh Destinasinya! Inilah Wilayah Lampung Utara, Salah Satu Usulan Pemekaran Provinsi di Pulau Sumatera, Masing-masing Punya Potensi?

Baca juga: Pati dan Pemalang Dalam Bahasan Serius! Wacana Pemekaran Jawa Tengah Usir Kabupaten Ini Demi Masuk Provinsi Baru

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr