sunbanner

Mangkrak Selama 12 Tahun! Bandara Raksasa di NTB Ini Bakal Dirubah Jadi Sirkuit Sepanjang 1,600 Meter, Nasib Penerbangan Gimana?

Mangkrak Selama 12 Tahun! Bandara Raksasa di NTB Ini Bakal Dirubah Jadi Sirkuit Sepanjang 1,600 Meter, Nasib Penerbangan Gimana?

bandara -oskar-kadaso/unplash-

Wacana pemekaran wilayah NTB 

Dengan landasan pacu sepanjang 2,1 kilometer, bandara ini tidak dapat menangani pesawat berbadan lebar. Meskipun awalnya hanya memiliki luas 78,8 hektare, bandara ini setelah 52 tahun beroperasi ditutup pada tahun 2011, menyebabkan dampak ekonomi signifikan bagi warga sekitar.

Namun, pada tahun 2023, Pemprov NTB dan Angkasa Pura I mengambil langkah inovatif dengan memugar bandara tersebut menjadi Sirkuit MXGP. Gubernur NTB, Zulkiefliansyah, menginisiasi penyelenggaraan event balap Motocross MXGP di eks Bandara Selaparang.



Sirkuit MXGP Selaparang memiliki panjang 1,600 meter dengan desain yang mencakup 12 rintangan dan 16 tikungan. Keunikan sirkuit ini tidak hanya terletak pada fasilitas balapnya, tetapi juga pada pemandangan Gunung Rinjani yang memukau.

Baca juga: Penuh Destinasinya! Inilah Wilayah Lampung Utara, Salah Satu Usulan Pemekaran Provinsi di Pulau Sumatera, Masing-masing Punya Potensi?

Baca juga: Plot Wacana Pembentukan Provinsi Baru dalam Konteks Sejarah dan Keinginan Warga, Sumatera Timur Siap Ambil Kendali?





×

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr