sunbanner

Mini Banget! 5 Daerah Terkecil di Papua Barat, Luasnya Cuma Segitu? Hayo Bisa Tebak Kabupaten dan Kota Mana Saja?

Mini Banget! 5 Daerah Terkecil di Papua Barat, Luasnya Cuma Segitu? Hayo Bisa Tebak Kabupaten dan Kota Mana Saja?

Gamping Kalah Pamor! 4 Daerah Teramai di Kabupaten Sleman Bikin Warga Betah Tinggal Anti Pindah-Pindah Club, Si Juara Malah Kecamatan Ini!-berna-tosun/pexels-

Mini Banget! 5 Daerah Terkecil di Papua Barat, Luasnya Cuma Segitu? Hayo Bisa Tebak Kabupaten dan Kota Mana Saja?

Provinsi Papua Barat, yang terletak di ujung timur Indonesia, memunculkan ciri khasnya sebagai salah satu daerah terluas di seluruh negara ini.



Dengan mencapai dimensi wilayah seluas 99.398,26 kilometer persegi, provinsi ini mengambil bagian sekitar 5,25 persen dari keseluruhan luas daratan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penting untuk mencatat eksistensi Provinsi Papua Barat sebagai entitas provinsial yang memegang peran signifikan dalam konteks geografis Indonesia.

Provinsi ini menempati peringkat sebagai provinsi terbesar kelima dalam wilayah NKRI, suatu predikat yang sebelumnya dipegang sebelum adanya restrukturisasi administratif pada akhir tahun 2022 yang baru-baru ini berlalu.





×

Baca juga: Mega Proyek Besar di Jawa Barat Ini Habiskan Dana Rp 2,5 Trilliun dan Harus Mangkrak hingga Buat Kerugian Negara, Kok Bisa?

Indonesia kini memiliki empat provinsi baru sebagai hasil dari pemekaran wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Keempat provinsi baru ini meliputi Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

Baca juga: Pilihannya Luar Biasa! Mau Tau Lokasi Jual Ragam Roti di Kota Kudus yang Menggoda Selera dan Bersejarah, Berikut Informasi Alamatnya!

Baca juga: 5 Kabupaten di Kalimantan Terlibat Pemekaran, Daerahmu Bakal Masuk Provinsi Mana? CEKIDOT

Baca juga: Jadi Pulau Terluas Ke 3 di Indonesia! Kalbar Pecah Lagi? 5 Kabupaten Ini Bakal Jadi Provinsi Baru, Ada Yang Tahu?

Provinsi Papua Barat Daya, hasil pemekaran wilayah Provinsi Papua Barat, membentang di beberapa daerah yang sebelumnya termasuk dalam batas wilayah Provinsi tersebut.

Sebelum pemekaran, Provinsi Papua Barat terdiri dari 13 wilayah kabupaten/kota. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya memiliki luas yang relatif kecil.

Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat, meskipun luas wilayahnya tergolong tidak begitu besar, tetapi ketika dihitung dalam persentase terhadap total luas wilayah provinsi, satu dari dua kabupaten tersebut ternyata memiliki luas wilayah yang melebihi lima persen.

Lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr