sunbanner

Mini Banget! 5 Daerah Terkecil di Papua Barat, Luasnya Cuma Segitu? Hayo Bisa Tebak Kabupaten dan Kota Mana Saja?

Mini Banget! 5 Daerah Terkecil di Papua Barat, Luasnya Cuma Segitu? Hayo Bisa Tebak Kabupaten dan Kota Mana Saja?

Gamping Kalah Pamor! 4 Daerah Teramai di Kabupaten Sleman Bikin Warga Betah Tinggal Anti Pindah-Pindah Club, Si Juara Malah Kecamatan Ini!-berna-tosun/pexels-

Berikut disajikan daftar komprehensif mengenai luas wilayah pada lima daerah yang tergolong sebagai wilayah tersempit di Provinsi Papua Barat, sebagaimana tercatat dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 yang tersedia dalam Buku Provinsi Papua Barat Dalam Angka Tahun 2023:

Kota Sorong

Kota Sorong merupakan salah satu entitas daerah yang terpisah dari Provinsi Papua Barat dan mengonstitusi provinsi mandiri, yaitu Provinsi Papua Barat Daya.



Sebelum dilakukannya pemekaran wilayah, Kota Sorong, yang masih menjadi bagian integral dari Provinsi Papua Barat, mencakup luas wilayah sebesar 205,26 kilometer persegi. Ukuran ini setara dengan 0,21 persen dari total luas provinsi.

Kabupaten Manokwari Selatan

Kabupaten Manokwari Selatan tergolong sebagai salah satu wilayah paling terbatas di Provinsi Papua Barat. Hingga saat ini, kabupaten ini masih bersatu dengan Provinsi Papua Barat.

Sebelum dilakukan pemekaran wilayah, luas Kabupaten Manokwari Selatan mencapai 1.837,10 kilometer persegi, setara dengan 1,85 persen dari total luas wilayah provinsi.

Kabupaten Manokwari





×

Kabupaten Manokwari, yang juga merupakan ibukota provinsi, tetap menjadi bagian integral dari Provinsi Papua Barat baik sebelum maupun setelah pelaksanaan pemekaran wilayah.

Sebelum pemekaran, luas wilayah Kabupaten Manokwari mencapai 2.763,02 kilometer persegi atau setara dengan 2,78 persen dari luas total provinsi.

Kabupaten Pegunungan Arfak

Kabupaten Pegunungan Arfak adalah salah satu daerah yang masih berada di bawah Provinsi Papua Barat.

Sebelum pemekaran wilayah, luas wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak tercatat sebesar 3.298,81 kilometer persegi, setara dengan 3,32 persen dari total luas provinsi.

Kabupaten Teluk Wondama

Seperti Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Wondama tetap menjadi bagian dari Provinsi Papua Barat setelah pemekaran wilayah.

Luas wilayah Kabupaten Teluk Wondama sebelum pemekaran mencapai 4.847,34 kilometer persegi, atau setara dengan 4,88 persen dari luas total provinsi.

Dari informasi yang terhimpun, Kabupaten Maybrat ternyata tidak termasuk dalam kategori wilayah tersempit di Provinsi Papua Barat.

Sebelum pemekaran wilayah, luas Kabupaten Maybrat mencapai 5.385,68 kilometer persegi, setara dengan 5,42 persen dari total luas provinsi.

Inilah gambaran mengenai lima wilayah dengan luas terbatas di Provinsi Papua Barat berdasarkan data BPS tahun 2022.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr