sunbanner

Asal Usul Nama Banten Ini Banyak Orang Gak Tahu! Diambil dari Penamaan Raja? Simak Sejarah Selengkapnya

Asal Usul Nama Banten Ini Banyak Orang Gak Tahu! Diambil dari Penamaan Raja? Simak Sejarah Selengkapnya

daerah-marta-wave/pexels-

Banten adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir barat Pulau Jawa. Namanya berasal dari sebuah kota penting di provinsi ini, yaitu Kota Banten.

Nama Banten memiliki sejarah panjang yang melibatkan berbagai peristiwa sejarah dan kebudayaan. Berikut adalah rangkuman lengkap dan detail mengenai asal usul nama Banten beserta sejarahnya. 



Sejarah Kabupaten Serang tidak terlepas dari sejarah Kesultanan Banten yang berdiri pada abad ke-16.

Kabupaten Serang dibentuk selama masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda dan penetapan hari jadinya didasarkan pada pendirian pemerintah Kerajaan Islam Banten pada 8 Oktober 1526.

Wilayah Serang, Banten, secara inheren terkait dengan ekspresi seni dan budaya Islam yang mendominasi Banten.





×

Nama "Serang" berasal dari bahasa Sunda dan berarti sawah, mengingat luasnya area persawahan di wilayah Serang di masa lalu.

Nama ini diusulkan oleh Raja Banten kedua, Maulana Yusuf. Namun, daya tarik Serang tidak hanya ada pada nama sejarahnya. Ada banyak fakta menarik yang terkait dengan wilayah ini.

Baca juga: 3 Provinsi Baru Hasil Pemekaran Kalimantan Barat Dalam Tahap Perumusan UU? Makin Dekat! Kenalan dengan Kapuas Raya

Baca juga: Ternyata Lebih Irit, Konsumsi Suzuki GSX-R125 Cuma 43 Km/Liter, Berapa Perbedaan Tenaga dengan Kakaknya GSX-R150?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr