sunbanner

Asal Usul Nama Banten Ini Banyak Orang Gak Tahu! Diambil dari Penamaan Raja? Simak Sejarah Selengkapnya

Asal Usul Nama Banten Ini Banyak Orang Gak Tahu! Diambil dari Penamaan Raja? Simak Sejarah Selengkapnya

daerah-marta-wave/pexels-

Pengaruh Kolonial:

Pada abad ke-17, Belanda datang ke wilayah ini dan mulai mendirikan pos dagang di sekitar pantai Banten. Mereka kemudian membangun Benteng Speelwijk pada tahun 1659, yang menjadi pusat administrasi kolonial Belanda di Banten.



Zaman Kolonial dan Perlawanan:

Pembentukan Hindia Belanda: Pada abad ke-17 dan ke-18, Banten merupakan bagian dari Hindia Belanda, yang kemudian menjadi koloni penting Belanda di Asia Tenggara.

Perlawanan Ratu Ayu: Pada pertengahan abad ke-19, Ratu Ayu Globali Dinasti Pajajaran memimpin perlawanan sengit melawan penjajahan Belanda di Banten. Meskipun perlawanan ini akhirnya berhasil ditumpas oleh Belanda, namun semangat perlawanan rakyat Banten tetap berlanjut.





×

Era Modern:
Kemerdekaan Indonesia: Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Banten menjadi bagian dari Republik Indonesia. Provinsi Banten secara resmi didirikan pada tahun 2000 setelah pemisahan dari Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Heboh! Wacana Provinsi Baru Pemekaran Jawa Timur Bentuk Tiga Wilayah, Jangan Kaget! Surabaya Masuk Wilayah Mana?

Baca juga: Kecamatan Kecil di Banyuasin Ini Bakal Jadi Kabupaten! Simak Alasan Banyuasin Timur Terbentuk dan Ajak 9 Kecamatan Lainnya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr