sunbanner

Serba Mini! Kenalan Sama 5 Wilayah Tersempit di Provinsi Papua Barat, Ada Manokwari hingga Teluk Wondoma

Serba Mini! Kenalan Sama 5 Wilayah Tersempit di Provinsi Papua Barat, Ada Manokwari hingga Teluk Wondoma

Gebrakan Mendagri! Kabupaten Baru di Papua Melaju Pesat, Jayawijaya Bergoyang Usai Dilanda Pemekaran Demi Atasi Kekurangan dan Ketidak Sejahteraan Warga?-UNPLASH-

Kabupaten Manokwari Selatan

Kabupaten Manokwari Selatan tergolong sebagai salah satu wilayah paling terbatas di Provinsi Papua Barat. Hingga saat ini, kabupaten ini masih bersatu dengan Provinsi Papua Barat.

Sebelum dilakukan pemekaran wilayah, luas Kabupaten Manokwari Selatan mencapai 1.837,10 kilometer persegi, setara dengan 1,85 persen dari total luas wilayah provinsi.

Kabupaten Manokwari



Kabupaten Manokwari, yang juga merupakan ibukota provinsi, tetap menjadi bagian integral dari Provinsi Papua Barat baik sebelum maupun setelah pelaksanaan pemekaran wilayah.

Sebelum pemekaran, luas wilayah Kabupaten Manokwari mencapai 2.763,02 kilometer persegi atau setara dengan 2,78 persen dari luas total provinsi.

Kabupaten Pegunungan Arfak

Kabupaten Pegunungan Arfak adalah salah satu daerah yang masih berada di bawah Provinsi Papua Barat.





×

Sebelum pemekaran wilayah, luas wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak tercatat sebesar 3.298,81 kilometer persegi, setara dengan 3,32 persen dari total luas provinsi.

Kabupaten Teluk Wondama

Seperti Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Wondama tetap menjadi bagian dari Provinsi Papua Barat setelah pemekaran wilayah.

Luas wilayah Kabupaten Teluk Wondama sebelum pemekaran mencapai 4.847,34 kilometer persegi, atau setara dengan 4,88 persen dari luas total provinsi.

Dari informasi yang terhimpun, Kabupaten Maybrat ternyata tidak termasuk dalam kategori wilayah tersempit di Provinsi Papua Barat.

Sebelum pemekaran wilayah, luas Kabupaten Maybrat mencapai 5.385,68 kilometer persegi, setara dengan 5,42 persen dari total luas provinsi.

Inilah gambaran mengenai lima wilayah dengan luas terbatas di Provinsi Papua Barat berdasarkan data BPS tahun 2022.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr