sunbanner

Gak Heran! Kabupaten Ini Bisa Tembus Jadi Wilayah di Kepri Terjauh Capai 440 Km dari Pusat Kota! Warganya Naik Apa ke Wilayah Utama?

Gak Heran! Kabupaten Ini Bisa Tembus Jadi Wilayah di Kepri Terjauh Capai 440 Km dari Pusat Kota! Warganya Naik Apa ke Wilayah Utama?

daerah-pexels-aleksen/unplash-

Tersepi dan terjauh di Kepri 

Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki karakteristik yang unik, terletak di antara banyak negara dan dikelilingi oleh perairan yang strategis.

Di sebelah utara, Kepri berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja, dan Laut Tiongkok Selatan. Di sebelah timur, Provinsi ini berbagi perbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat, Malaysia, dan Laut Natuna Utara.



Sebaliknya, di sebelah selatan, Kepri berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Jambi, sementara di barat, berbatasan dengan Provinsi Riau, Singapura, serta tiga wilayah Malaysia, yaitu Terengganu, Pahang, dan Johor.

Baca juga: Siap Nikmati Tahun Baru? Boleh Pilih Salah Satu dari 3 Hotel Terdekat dengan Destinasi Wisata Prigen Pasuruan Jawa Timur, Ini Info Lengkapnya!

Baca juga: Pasti Salah Tebak! UMK Tertinggi Jawa Barat Dikira Kota Bandung Nyatanya Wilayah Ini yang Bisa Tembus Rp 5.176.179,07





×

1. Kabupaten Kepulauan Anambas

Dengan luas wilayah 627,03 kilometer persegi dan populasi sekitar 50,30 ribu jiwa, Kabupaten Kepulauan Anambas memang memiliki jarak ratusan kilometer dari Kota Tanjungpinang, namun tidak mencapai 440 kilometer. Jaraknya sekitar 194 kilometer. Keunikan lainnya adalah kepadatan penduduk yang bukan yang terendah.

Baca juga: Jadi Pulau Terluas Ke 3 di Indonesia! Kalbar Pecah Lagi? 5 Kabupaten Ini Bakal Jadi Provinsi Baru, Ada Yang Tahu?

2. Kabupaten Natuna

Sementara Kabupaten Natuna memiliki luas wilayah 1.999,16 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 85,45 ribu jiwa dan kepadatan penduduk terendah, yaitu hanya 43 jiwa per kilometer persegi. Kabupaten ini memang menjadi daerah tersepi di Kepri dengan jarak terjauh, yakni 440 kilometer dari Kota Tanjungpinang.

Dengan keunikannya, Kabupaten Natuna dapat disebut sebagai daerah terjauh dan tersepi di Provinsi Kepulauan Riau.

Keadaan ini menjadikan Natuna sebagai potret eksotis yang menarik perhatian di antara keberagaman pulau-pulau lainnya di Kepulauan Riau.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr