sunbanner

Asal Usul Nama Wonosobo yang Buat Kagum! Kisah Pengembala Legendaris Ini Wujudkan Mimpi Warganya?

Asal Usul Nama Wonosobo yang Buat Kagum! Kisah Pengembala Legendaris Ini Wujudkan Mimpi Warganya?

daerah-pexels-archie-

Asal usul Nama Wonosobo 

Pembentukan nama "Wonosobo" memiliki cerita menarik yang berkaitan dengan ketiga pengembara yang memasuki wilayah ini pada awal abad ke-17. Ketiga tokoh ini, yaitu Kiai Kolodete, Kiai Karim, dan Kiai Walik, awalnya memasuki wilayah yang sama tetapi kemudian berpisah dan menetap di tiga lokasi yang berbeda.

Kiai Kolodete memilih mendirikan pemukiman di Dataran Tinggi Dieng, Kiai Karim membuka pemukiman di sekitar Kalibeber, dan Kiai Walik memilih wilayah yang sekarang menjadi Kota Wonosobo.



Dari ketiga tokoh ini, muncul keturunan yang menjadi para pemimpin di sekitar wilayah Wonosobo. Salah satu cucu Kiai Karim adalah Ki Singowedono, yang kemudian menjadi Tumenggung Jogonegoro. Jejak Tumenggung Jogonegoro dapat ditemukan di makamnya di Desa Pakuncen, Selomerto.

Baca juga: Ternyata Lebih Irit, Konsumsi Suzuki GSX-R125 Cuma 43 Km/Liter, Berapa Perbedaan Tenaga dengan Kakaknya GSX-R150?

Baca juga: Kronologi Awal Mula Teror Ekshibisionis di Kalangan Siswa SMP Magelang, Pelaku Sengaja Kirim Foto Porno





×

Nama "Wonosobo" diyakini berasal dari sebuah dusun di Desa Polobangan, Selomerto, yang disebut Wanasaba dan didirikan oleh Kiai Wanasaba.

Meskipun dusun ini kecil, namanya bertahan hingga saat ini dan seringkali dikunjungi oleh peziarah yang ingin berdoa di makam Kiai Wanasaba, Kiai Goplem, Kiai Putih, dan Kiai Wan Haji. Kata "Wonosobo" memiliki arti dalam bahasa Jawa, yaitu tempat berkumpul di hutan.

Sejarah panjang, alam yang indah, dan asal usul nama yang kaya membuat Wonosobo menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi kekayaan budaya dan keindahan alamnya. Dengan segala pesonanya, Wonosobo tetap menjadi salah satu destinasi wisata paling menakjubkan di Indonesia yang patut dikunjungi.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr