sunbanner

Gagasan Sunda Raya Bikin Heboh Usai Banten Terpaksa Dihapus dari Peta Indonesia, Hal Ini Dilakukan Demi IKN?

Gagasan Sunda Raya Bikin Heboh Usai Banten Terpaksa Dihapus dari Peta Indonesia, Hal Ini Dilakukan Demi IKN?

daerah-ibtahim-asad/unplash-

Usulan penggabungan wilayah ini telah mendapatkan restu, dan provinsi baru ini diproyeksikan memiliki luas wilayah yang sangat besar. Luas wilayah Sunda Raya ini menjadi signifikan karena menggabungkan dua wilayah yang memang memiliki ukuran cukup besar dan cocok untuk digabungkan.

Jakarta, dengan luas wilayah sekitar 661,23 km², menjadi salah satu wilayah yang diusulkan untuk bergabung dengan Jawa Barat, yang memiliki luas wilayah mencapai 35.377,76 km². Begitu juga dengan Banten, yang dengan luas wilayah sekitar 9.352,77 km², turut diusulkan untuk menyatu dalam Sunda Raya.



Jika ketiga wilayah ini benar-benar digabungkan, maka luas wilayah Sunda Raya akan mencapai 45.391,76 km². Namun, meskipun ide ini terdengar menarik, banyak pihak yang menentangnya, termasuk Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi.

Baca juga: Pilihannya Luar Biasa! Mau Tau Lokasi Jual Ragam Roti di Kota Kudus yang Menggoda Selera dan Bersejarah, Berikut Informasi Alamatnya!

Baca juga: Berikut 5 Daerah Tersempit Alias Mini di Papua Barat yang Luasnya Nggak Sampe 5 Persen!





×

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga menegaskan penolakannya terhadap wacana ini, menyatakan bahwa ide penggabungan ini hanya berdasarkan sejarah budaya semata. Terlepas dari restu yang diterima, gagasan Provinsi Sunda Raya ini masih dianggap sebagai ilusi belaka dan kemungkinan besar tidak akan pernah terwujud. Sejumlah tokoh masyarakat dan pemimpin daerah menilai bahwa penggabungan ini hanya bersifat ideologis tanpa dasar yang kuat untuk diwujudkan.

*****

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr