sunbanner

Satu-satunya Daerah yang Diselimuti Salju di Indonesia! Simak Fakta Unik Wonosobo Jawa Tengah yang Jarang Diketahui

Satu-satunya Daerah yang Diselimuti Salju di Indonesia! Simak Fakta Unik Wonosobo Jawa Tengah yang Jarang Diketahui

daerah-scott-webb/pexels-

Fakta menarik Wonosobo

Sejarah Kabupaten Wonosobo

Kabupaten Wonosobo memiliki sejarah panjang yang berakar dalam masa Perang Diponegoro yang berlangsung antara tahun 1825 hingga 1830. Wonosobo merupakan salah satu basis pertahanan pasukan yang mendukung perjuangan Diponegoro. Beberapa tokoh penting yang mendukung perjuangan Diponegoro di daerah ini adalah Imam Misbach (Tumenggung Kertosinuwun), Mas Lurah (Tumenggung Mangkunegaran), Gajah Permodo, dan Kiai Muhamad Ngarpah.



Dalam pertempuran melawan Belanda, Kiai Muhamad Ngarpah berhasil meraih kemenangan pertama. Sebagai penghargaan atas keberhasilannya, Pangeran Diponegoro memberikan gelar Tumenggung Setjonegoro kepada Kiai Muhamad Ngarpah. Setjonegoro kemudian diangkat sebagai penguasa Ledok, dan dia memindahkan pusat kekuasaan dari Selomerto ke daerah Kota Wonosobo saat ini.

Berdasarkan hasil seminar Hari Jadi Wonosobo pada tanggal 28 April 1994, yang dihadiri oleh Tim Peneliti dari Fakultas Sastra UGM, Muspida, Sesepuh, dan Pinisepuh Wonosobo, termasuk yang ada di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Pimpinan DPRD, dan Pimpinan Komisi serta Instansi Pemerintah Wonosobo, disepakati bahwa Hari Jadi Wonosobo jatuh pada tanggal 24 Juli 1825.

Potensi Pertanian dan Perkebunan





×

Keadaan tanah yang sangat subur di Wonosobo menjadikan wilayah ini ideal untuk pertanian. Beragam jenis sayuran tumbuh di sini, seperti kubis, kentang, seledri, sawi, dan banyak lagi. Selain sayuran, berbagai buah-buahan juga dapat tumbuh dengan baik di daerah ini, seperti pisang, pepaya, durian, mangga, jambu, dan lainnya.

Baca juga: 3 Provinsi Baru Hasil Pemekaran Kalimantan Barat Dalam Tahap Perumusan UU? Makin Dekat! Kenalan dengan Kapuas Raya

Baca juga: Ternyata Lebih Irit, Konsumsi Suzuki GSX-R125 Cuma 43 Km/Liter, Berapa Perbedaan Tenaga dengan Kakaknya GSX-R150?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr