sunbanner

Usulan 2 Provinsi Baru Pemekaran Sumatera Selatan Ini Bakal Geser Palembang Jadi Ibu Kota! Cek Kabupaten yang Bergabung dan Calon Pusat Kota

Usulan 2 Provinsi Baru Pemekaran Sumatera Selatan Ini Bakal Geser Palembang Jadi Ibu Kota! Cek Kabupaten yang Bergabung dan Calon Pusat Kota

daerah-pexels-fatih dogrul-

Sumatera Selatan, yang dikenal sebagai provinsi yang damai, tiba-tiba menjadi sorotan dengan usulan pemekaran.

Saat ini, provinsi ini memiliki populasi sekitar 8.550.849 jiwa yang tersebar di 13 kabupaten dan 4 kota, dengan luas wilayah mencapai 91.592,43 km2.

Dua provinsi baru pemekaran Sumatera Selatan 



Jumlah penduduk dan luas wilayah yang besar menjadi pendorong kuat bagi usulan pemekaran ini.

Beberapa pihak mendukung wacana ini, meskipun ada juga yang menolak. Adapun dua calon provinsi baru yang diusulkan masih bersaing untuk menentukan ibukotanya. Berikut adalah penjelasan mengenai keduanya:

Provinsi Musi Raya





×

Usulan provinsi baru bernama Musi Raya mencuat dengan menggabungkan 6 kabupaten atau kota, antara lain Lubuklinggau, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, dan Musi Banyuasin. Ibukota yang kemungkinan besar dipilih adalah Lubuklinggau, yang terletak secara strategis dan memiliki fasilitas lengkap. Beberapa pihak bahkan menyebut bahwa Musi Raya masuk dalam Desain Besar Penataan Daerah (DESARTADA) Indonesia 2025.

Baca juga: Mega Proyek Jembatan di Kepri Ini Bakal Kalahkan Suramadu! Habiskan Dana Rp 14,74 Trilliun, Terwujud Tahun Berapa?

Baca juga: Wuling Perkenalkan Binguo, Produk EV Kedua Mereka di Indonesia Setelah AirEV

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr