sunbanner

Asal Usul Nama Kendal Jawa Tengah Ternyata Punya Peranan Penting Kemerdekaan? Begini Sejarah dan Kisah Awal Mulanya

Asal Usul Nama Kendal Jawa Tengah Ternyata Punya Peranan Penting Kemerdekaan? Begini Sejarah dan Kisah Awal Mulanya

daerah-luca-barth/unplash-

Asal usul Nama Kendal

Teori Pertama: Ada pendapat yang berpendapat bahwa nama "Kendal" berasal dari kata "kendel" dalam bahasa Jawa Kuno yang memiliki arti "menggulung" atau "melilit." Kemungkinan, ini merujuk pada bentuk geografis wilayah Kendal yang terletak di lembah atau di antara bukit-bukit yang mengelilinginya.

Teori Kedua: Teori lain mengaitkan nama Kendal dengan kata "kendil" dalam bahasa Jawa Kuno yang berarti "tempat mengisi air." Hal ini mungkin merujuk pada keberadaan mata air atau sumber air yang melimpah di daerah ini.



Teori Ketiga: Beberapa sumber menghubungkan nama Kendal dengan kata "gandhil" dalam bahasa Jawa Kuno yang berarti "tempat persinggahan." Ini kemungkinan merujuk pada peran strategis wilayah Kendal sebagai tempat persinggahan atau perhentian penting dalam perjalanan pada masa lalu.

Kendal, seperti wilayah-wilayah lain di Indonesia, mengalami masa penjajahan oleh Belanda. Di bawah pemerintahan kolonial tersebut, sektor-sektor ekonomi seperti pertanian, perkebunan, dan industri berkembang pesat di Kendal.

Baca juga: Kecamatan Kecil di Banyuasin Ini Bakal Jadi Kabupaten! Simak Alasan Banyuasin Timur Terbentuk dan Ajak 9 Kecamatan Lainnya





×

Baca juga: NTT Diprediksi Bakal Lakukan Pemekaran! Isu Kepulauan Flores Buat Provinsi Baru, Ibukotanya Wilayah Mana?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr