sunbanner

Rugi Parah! Habiskan Dana Rp 800 Milliar, Gedung Universitas Terkenal di Kalimantan Timur Ini Mangrak dan Buat Kesan Mistis

Rugi Parah! Habiskan Dana Rp 800 Milliar, Gedung Universitas Terkenal di Kalimantan Timur Ini Mangrak dan Buat Kesan Mistis

dark-leida/unplash-

Kondisi bangunan saat ini menunjukkan retakan pada dinding dan beberapa bagian sudah ditumbuhi tanaman merambat.

Pada malam hari, gedung-gedung terbengkalai tersebut terlihat sangat angker dan dikabarkan menjadi tempat bersarangnya jin.



Pembangunan gedung utama Universitas Kutai Kartanegara diinisiasi oleh mantan Bupati Kukar, Syaukani Hasan Rais.

Proyek ini direncanakan untuk berdiri di atas lahan seluas 100 hektare dengan anggaran dari APBD Kukar yang mencapai puluhan miliar.

Namun, pembangunan tidak selesai ketika Syaukani Hasan Rais berakhir masa jabatannya, kemudian proyek ini dilanjutkan oleh Rita Widyasari, putri Syaukani, yang kemudian menjadi bupati Kukar.





×

Tetapi hingga tahun 2007, pembangunan gedung-gedung tersebut belum terselesaikan sesuai rencana, karena hanya sekitar 30-an hektare lahan yang berhasil dibebaskan

. Kendala utama terjadi setelah dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 yang melarang pemerintah daerah membangun fasilitas bagi pihak swasta. Hal ini berdampak pada Universitas Kutai Kartanegara yang saat itu berstatus Perguruan Tinggi Swasta.

Walaupun pembangunan tidak dilanjutkan, 5 gedung universitas yang terbengkalai tersebut telah menghabiskan dana fantastis.

Menurut sumber, hingga 2007, pembangunan kampus utama Universitas Kutai Kartanegara telah menghabiskan biaya sekitar Rp88 miliar, dengan sebagian besar dana digunakan untuk pembebasan lahan sebesar Rp24,7 miliar.

Itulah sekilas informasi mengenai gedung universitas megah di Kalimantan Timur yang terbengkalai, menjadi sarang jin di wilayahnya.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr