sunbanner

Kecamatan Kecil Delta Palwan Ini Bisa Jadi Saingan Pontianak Usai Isu Pemekaran Kalbar Makin Heboh! Kabupaten Ini Pilih Berpisah

Kecamatan Kecil Delta Palwan Ini Bisa Jadi Saingan Pontianak Usai Isu Pemekaran Kalbar Makin Heboh! Kabupaten Ini Pilih Berpisah

daerah-pexels-levent-

Calon daerah di Kalimantan Barat 

Tiga calon DOB baru yang diusulkan dalam Rapat Praja Kantor Gubernur Kalimantan Barat adalah Kabupaten Jelai Kendawangan Raya, Kabupaten Tumbang Titi, dan Kabupaten Hulu Aik.

Meskipun usulan ini telah diajukan, namun pemekaran daerah masih terhenti akibat moratorium yang diberlakukan oleh pemerintah pusat.



Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, mengungkapkan bahwa sebetulnya usulan pemekaran ini seharusnya sudah diajukan sejak awal, dan meskipun terkendala moratorium, proses tetap berlanjut.

Apabila DOB ini terealisasi, Provinsi Ketapang akan terdiri dari minimal lima kabupaten atau kota, termasuk Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Ketapang (induk), Kabupaten Jelai Kendawangan Raya (calon DOB), Kabupaten Tumbang Titi (calon DOB), dan Kabupaten Hulu Aik (calon DOB).

Pembentukan Provinsi Ketapang direncanakan dengan Ibukota di Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, yang berjarak sekitar 486 km dari Pontianak, Ibukota Provinsi Kalimantan Barat.





×

Meski masih dalam wacana, diharapkan bahwa pembentukan provinsi baru ini dapat meratakan pembangunan dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr