sunbanner

Pantas Wilayah Ini Pilih Berpisah dari Provinsi Maluku! Miliki 66 Pulau, Kini Buat Daerah Otonomi, Alasannya Bikin Terkejut

Pantas Wilayah Ini Pilih Berpisah dari Provinsi Maluku! Miliki 66 Pulau, Kini Buat Daerah Otonomi, Alasannya Bikin Terkejut

daerah-harry-prabowo/unplash-

Pantas Wilayah Ini Pilih Berpisah dari Provinsi Maluku! Miliki 66 Pulau, Kini Buat Daerah Otonomi, Alasannya Bikin Terkejut. 

Tahukah Anda bahwa Maluku Tenggara pernah mengalami pemekaran wilayah pada tahun 2007? Keputusan ini pada awalnya memicu pro kontra dan ditolak oleh pemerintah pusat.



Namun, ada tiga alasan yang melatarbelakangi penolakan tersebut, yaitu potensi konflik agama, potensi merusak tatanan adat, dan potensi memecah persatuan serta kesatuan masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat mendukung pemekaran tersebut karena banyaknya pelayanan publik yang tidak terjangkau oleh masyarakat.

Wilayah Maluku Tenggara yang luas dan berupa kepulauan membuat pemerintahan pada masa itu dinilai bersifat terlalu sentralistik.





×

Baca juga: Bukan Ketapang! Daerah Ini Bakal Calon Provinsi Baru Pemekaran Kalimantan Barat, Kabupaten Mana yang Siap Berpisah?

Baca juga: Segera Siap-siap! Kabar Terkini Terkait Rencana Provinsi Barito Raya di Kalimantan Tengah dan Selatan, Jadi Lahirkan Wilayah Baru?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr