sunbanner

Bikin Geger! Pemekaran Jawa Tengah Munculkan Daftar Provinsi dan Kabupaten Baru Terkuak! Rumahmu Masuk Mana?

Bikin Geger! Pemekaran Jawa Tengah Munculkan Daftar Provinsi dan Kabupaten Baru Terkuak! Rumahmu Masuk Mana?

Ini Dia 4 Kabupaten Terkecil dan Tersepi di Bengkulu, Jumlah Warganya Cuma 107.693 Orang, ermasuk Lebong hingga Kaur-UNPLASH-

1. Provinsi Muria Raya

Provinsi Muria Raya diharapkan akan meliputi enam kawasan kabupaten, yakni Kabupaten Kudus, Kabupaten Rembang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Grobogan.



Pemekaran wilayah ini akan membawa perubahan signifikan bagi masing-masing kabupaten yang terlibat.

2. Provinsi Banyumasan

Provinsi Banyumasan diusulkan dengan melibatkan tiga wilayah dan enam daerah kabupaten, termasuk Kota Purwokerto, Kota Tegal, Kota Purbalingga, serta Kabupaten Brebes, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Tegal.





×

Dengan pemekaran ini, diharapkan karakteristik dan potensi setiap wilayah dapat lebih terfokus dan berkembang.

3. Provinsi D.I Surakarta

Provinsi D.I Surakarta disebut-sebut akan memiliki ibu kota di Kota Surakarta. Provinsi ini diperkirakan akan terdiri dari satu kawasan kota dan enam daerah kabupaten, meliputi Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Surakarta, Kabupaten Sragen, dan Kota Surakarta.

Pemekaran ini tentu akan memberikan dampak besar pada perkembangan dan administrasi wilayah-wilayah yang terlibat.

Baca juga: Pantas Wilayah Ini Pilih Berpisah dari Provinsi Maluku! Miliki 66 Pulau, Kini Buat Daerah Otonomi, Alasannya Bikin Terkejut

Baca juga: Cuannya Gak Main-main! Simak Daftar UMK Lampung Terbaru 2024, Bandar Lampung Makin Kaya Naik Drastis! Kabupaten Mesuji Rangking Berapa?

Meskipun wacana pemekaran wilayah dari Provinsi Jawa Tengah ini telah beredar, namun perlu dicatat bahwa hal ini masih dalam tahap diskusi dan belum memiliki kepastian.

Pemekaran wilayah adalah sebuah langkah serius yang melibatkan berbagai aspek, seperti administrasi, ekonomi, dan sosial.

Oleh karena itu, keputusan mengenai pemekaran wilayah ini perlu dipertimbangkan dengan matang dan melibatkan semua pihak yang terkait.

Kita perlu menantikan bagaimana perkembangan selanjutnya terkait rencana ini.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr