sunbanner

Permata Tersembunyi Kalimantan Barat Inilah Keajaiban Danau Sentarum Tempat Habitat Buaya Katak yang Sudah Lama Punah Dari Pontianak Cukupo 700 km Aja

Permata Tersembunyi Kalimantan Barat Inilah Keajaiban Danau Sentarum Tempat Habitat Buaya Katak yang Sudah Lama Punah Dari Pontianak Cukupo 700 km Aja

danau-EvgeniT/pixabay-

Tempat wisata ini buka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-16.30 WIB.

Danau Sentarum terkenal dengan airnya yang jernih dan berbagai jenis pohon di sekelilingnya, menciptakan pemandangan luar biasa yang dapat disaksikan dari danau ini.



Danau ini juga terletak di dalam Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS), yang memiliki daya tarik tersendiri di mata dunia.

Dengan 675 spesies flora, termasuk 154 jenis anggrek, dan menjadi habitat bagi 265 jenis ikan air tawar, danau ini menjelma menjadi ekosistem yang menakjubkan.

Sementara di sekitarnya, terdapat bukit-bukit hijau dan beberapa sungai yang semakin melengkapi keindahan dari danau unik ini.





×

TNDS juga menjadi rumah bagi 147 jenis mamalia, 310 spesies aves, dan 31 jenis reptil.

Danau Sentarum terkenal sebagai habitat buaya katak atau buaya rabin yang konon sudah punah sejak 1,5 abad yang lalu.

Keunikan lain dari Danau Sentarum adalah sifat musiman.

Saat musim penghujan tiba, cekungan raksasa ini terisi air hingga membentuk danau yang memukau.

Namun, pada musim kemarau, air di dalam danau ini akan mengering.

Fenomena air pasang di Danau Sentarum terjadi selama 10 bulan dalam setahun, sedangkan 2 bulan sisanya danau akan mengering, menciptakan kolam-kolam kecil yang berisi ikan.

Baca juga: TOK! Resmi Deli Serdang Bakal Naik UMK hingga 15 Persen Mulai Tahun 2024: Cek Daftar 3 Kota di Sumut Alami Perubahan UMR Juaranya Siapa?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr