sunbanner

Gila! Kabupaten Ini Bangun Pabrik Emas 36 Triliun, Sudah Laya Bangun Provinsi Baru? Majunya Terlalu Pesat?

Gila! Kabupaten Ini Bangun Pabrik Emas 36 Triliun, Sudah Laya Bangun Provinsi Baru? Majunya Terlalu Pesat?

Potret Belanda Kecil Ada di Pemukiman di Jawa Tengah Berdiri di Tanah Seluas 31 Ha Ini Dulunya Bekas Pusat Perdagangan Negara-Negara Lain, Akan Disulap World Heritage City?-UNPLASH-

Gila! Kabupaten Ini Bangun Pabrik Emas 36 Triliun, Sudah Laya Bangun Provinsi Baru?

Salah satu kabupaten di Jawa Timur tengah menginisiasi pembangunan pabrik emas senilai Rp36 triliun, sebuah langkah signifikan yang semakin memperkuat dugaan bahwa kabupaten tersebut akan menjadi bagian integral dari provinsi baru hasil pemekaran Jawa Timur.



Argumentasi untuk pemekaran tersebut merujuk pada pandangan bahwa Jawa Timur, sebagai sebuah provinsi, dianggap memiliki wilayah terlalu luas dengan jumlah daerah yang dianggap berlebihan.

Dampak dari kondisi tersebut adalah adanya banyak daerah perbatasan yang terletak sangat jauh dari pusat pemerintahan provinsi.

Baca juga: 700 km dari Pontianak Terdapat Danau Raksasa Tempat Habitat Buaya yang Sudah Punah 1,5 Abad pada saat Musim Kemarau, Tiket Masuknya Berapa?





×

Baca juga: TOK! Resmi Deli Serdang Bakal Naik UMK hingga 15 Persen Mulai Tahun 2024: Cek Daftar 3 Kota di Sumut Alami Perubahan UMR Juaranya Siapa?

Baca juga: Daftar Provinsi Baru Pemekaran Jawa Tengah, Kabupaten Mana Saja yang Terusir dan Gabung ke Wilayah Baru?

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi jatimprov.go.id, luas wilayah provinsi ini mencapai 47,963 km2.

Sementara itu, jumlah penduduknya, sesuai dengan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, mencapai 41,14 juta jiwa.

Realitas ini menciptakan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, yakni sekitar 8.867 jiwa per km2, seperti yang diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr