sunbanner

Sekadau dan Melawi Bikin Was-was Usai Menghindar dari Kalbar dan Masuk Wilayah Provinsi Baru! Waduh, Potensi Bakal Pecah?

Sekadau dan Melawi Bikin Was-was Usai Menghindar dari Kalbar dan Masuk Wilayah Provinsi Baru! Waduh, Potensi Bakal Pecah?

daerah-afif-ramdhasuma/unplash-

Sebagai langkah lebih lanjut, wilayah ini diantisipasi akan menjadi ibu kota dari provinsi baru yang bernama Kapuas Raya.

Kabarnya, lokasinya hanya berjarak ratusan kilometer dari Pontianak, menciptakan keterhubungan yang lebih baik.



Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi salah satu strategi untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. Usulan mengenai pembentukan provinsi baru ini awalnya telah mendapatkan persetujuan, dan perkiraan pelaksanaannya mencuat pada tahun 2025.

Nampaknya, pemerintah mulai memberikan perhatian serius terhadap pemekaran ini, dengan dukungan yang terus tumbuh dari pemerintahan pusat.

Kota yang berdekatan dengan Malaysia, yaitu Batam, dipertimbangkan sebagai ibu kota provinsi baru Kapuas Raya. Hal ini membuka potensi kerja sama dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.





×

Berikut adalah sejumlah kabupaten yang dijadwalkan untuk bergabung dengan Kapuas Raya, menciptakan konfigurasi administratif baru yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah tersebut.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr