sunbanner

UMK Kalimantan Timur Dipastikan Naik 15 Persen! Balikpapan Paling Menggiurkan Usai Penetapan Jumlah Gaji Baru Bisa Tembus Rp 3,5 Jutaan Loh

UMK Kalimantan Timur Dipastikan Naik 15 Persen! Balikpapan Paling Menggiurkan Usai Penetapan Jumlah Gaji Baru Bisa Tembus Rp 3,5 Jutaan Loh

Mendagri Resmikan Kabupaten Baru di Papua: Potret 6.077,40 Km2 yang Rentan Ancaman Kelaparan Ini Akan Segera Dihempaskan dan Teratasi? Dimana Lokasinya?-unplash-

Penduduk Balikpapan, yang merupakan yang terbesar kedua setelah Samarinda menurut data BPS Provinsi Kalimantan Timur, mencapai 703.610 jiwa hingga pertengahan tahun 2023.

Perekonomian kota ini, terutama sektor perindustrian yang didominasi oleh industri minyak dan gas, perdagangan, dan jasa, menjadi pilar utama pertumbuhan.



Pentingnya sektor perdagangan tampak dari upaya Pemerintah Kota Balikpapan dalam melindungi pengusaha lokal dan UMKM.

Mereka membentuk peraturan daerah yang melarang toko modern dari luar kota untuk beroperasi di Balikpapan, memberikan dukungan kuat kepada pelaku usaha setempat.

Keputusan mengenai besaran UMK Balikpapan 2024 belum diumumkan secara resmi hingga tanggal 18 November 2023.





×

Meskipun demikian, Kementerian Ketenagakerjaan RI memberikan sinyal positif terkait kenaikan UMP dan UMK di berbagai daerah, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Baca juga: Kabupaten Banyumas Bakal Calon Provinsi Pemekaran Jawa Tengah yang Gak Bisa Ditandingi! Kota Purwokerto Tergusur?

Baca juga: Spikoe Benarkah Terbuat dari Babi? Intip 3 Arti Nama Makanan Khas Jawa Timur yang Viral Seantero Negeri. Kalau Bebek Sinjai?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr