sunbanner

Maha Karya Ridwan Kamil! Gedung Tertinggi di Jawa Barat Ini Kalahkan Patung Liberty? Beri Anggaran Fantastis Hingga Rp 100 Milliiar

Maha Karya Ridwan Kamil! Gedung Tertinggi di Jawa Barat Ini Kalahkan Patung Liberty? Beri Anggaran Fantastis Hingga Rp 100 Milliiar

patung liberty-zelle-duba/unplash-

Bagi pengunjung yang ingin mencapai puncak menara, fasilitas lift sudah disediakan untuk kenyamanan.

Dari puncak Menara Kujang Sepasang, wisatawan dapat menikmati panorama Bendungan Jatigede dan pulau-pulau kecil yang tampak dari atas genangan air.



Ridwan Kamil memiliki rencana untuk meningkatkan nilai Menara Kujang Sepasang dengan menambah fasilitas pendukung, seperti pembangunan museum.

Museum ini akan menampilkan koleksi senjata khas Jawa Barat, yaitu kujang, yang akan dipajang di lantai pertama menara.

Koleksi kujang ini mencakup senjata berusia puluhan hingga ratusan tahun, mengandung sejarah dan makna yang dalam.





×

Jika dilihat dari kejauhan, Menara Kujang Sapasang dihubungkan dengan jembatan baja ikonik yang mengarah ke Masjid Al Kamil, terletak di kawasan Bendungan Jatigede.

Lebih dari sekadar keindahan visual, Menara Kujang Sapasang mengandung tiga makna filosofi, yaitu makna budaya melalui simbol kujang, makna agama dengan hadirnya masjid, dan makna teknologi melalui jembatan baja yang menghubungkan.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, menjelaskan bahwa Menara Kujang Sapasang membawa dua makna mendalam, yakni menjaga nilai budaya Sunda sekaligus menjadi penggerak ekonomi pariwisata.

Harapannya, dengan berdirinya Menara Kujang Sepasang, Sumedang dapat membangkitkan ekonomi, menarik kunjungan wisatawan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr