sunbanner

Sumbar Tercoret dari Peta Usai Gak Masuk Mega Proyek Metropolitan Pulau Sumatera! Kabupaten Kecil Ini Justru Terlibat

Sumbar Tercoret dari Peta Usai Gak Masuk Mega Proyek Metropolitan Pulau Sumatera! Kabupaten Kecil Ini Justru Terlibat

proyek-mufid-majnun/unplash-

Berikut adalah lima daerah di Pulau Sumatera yang tengah mempersiapkan rencana pembangunan kawasan metropolitan baru:

1. Pekanbaru, Riau - Kawasan Pekansikawan
Pekanbaru, sebagai Ibu Kota Provinsi Riau, memiliki sektor perdagangan sebagai penggerak ekonomi utama. Beberapa daerah di Riau, seperti Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan, sedang dipersiapkan untuk menjadi kawasan metropolitan baru dengan nama Pekansikawan.



2. Bandar Lampung, Lampung - Kawasan Bandar Lampung Raya
Bandar Lampung, sebagai Ibu Kota Provinsi Lampung, yang strategis sebagai kota penghubung Pulau Jawa dan Sumatera, tengah mempersiapkan pembentukan kawasan metropolitan baru. Kawasan ini, yang disebut Bandar Lampung Raya, akan melibatkan Kota Bandar Lampung, Metro, Kalianda, Pringsewu, dan Gedong Tataan.

3. Batam, Kepulauan Riau - Kawasan Metropolitan di Kepulauan Riau
Batam, meski bukan Ibu Kota Provinsi, tetap menjadi kota yang menarik di Provinsi Kepulauan Riau. Dikelola oleh Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Batam memiliki keistimewaan dalam sektor industri dan pariwisata. Rencananya, Batam akan bergabung dalam kawasan metropolitan baru dengan Bintan, Galang, Rempang, dan Karimun.

Baca juga: UMK Kalimantan Timur Dipastikan Naik 15 Persen! Balikpapan Paling Menggiurkan Usai Penetapan Jumlah Gaji Baru Bisa Tembus Rp 3,5 Jutaan Loh





×

Baca juga: Luas Wilayah 147 Km Ini Bakal Terpecah! Kalimantan Barat Siap Bentuk Provinsi Baru Kapuas Raya dan Ini Ibu Kotanya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr