sunbanner

Samarinda dan Pontianak Dicoret dari Daftar Calon Ibu Kota IKN, Bikin Kagum Ternyata Ini Deretan Keunggulan Panajaman Paser Utara

Samarinda dan Pontianak Dicoret dari Daftar Calon Ibu Kota IKN, Bikin Kagum Ternyata Ini Deretan Keunggulan Panajaman Paser Utara

daerah-tom-fisk/pexels-

Samarinda dan Pontianak Dicoret dari Daftar Calon Ibu Kota IKN, Bikin Kagum Ternyata Ini Deretan Keunggulan Panajaman Paser Utara. 

Wacana pembentukan Provinsi Kalimantan Tenggara melalui gabungan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan menjadi sorotan yang lebih dari sekadar agenda politik.



Dikutip dari sumber terpercaya, bappeda.kotabarukab.go.id, terdapat 5 kabupaten yang akan turut berkontribusi dalam mewujudkan konsep provinsi baru ini.

Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, dengan luas wilayah masing-masing mencapai 127.347 km2 dan 37.190 km2, diidentifikasi sebagai daerah dengan potensi besar untuk mengalami perkembangan lebih lanjut.

Salah satu motivasi di balik wacana pemekaran ini adalah untuk memudahkan relokasi ibu kota negara (IKN) ke Pulau Kalimantan.





×

Saat ini, IKN tengah dalam tahapan pembangunan dan berlokasi di Kabupaten Panajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga: Mall Terbesar di Yogyakarta Ini Harus Mangkrak Sebab Hutang Capai Rp 247,5 Milliar! Kini Disulap Jadi Bangunan Ini

Baca juga: Berjarak 38 Km dari Padang! Stadion Utama Sumbar Ini Siap Diajukan ke FIFA Jadi Lapangan Terbaik Indonesia, Lokasinya Dimana?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr